Sinta Nugra PratamaInternalisasi nilai-nilai seni reog dalam membangun karakter Islami peserta didik (studi kasus ekstrakurikuler reog) di sekolah menengah atas Bima Ambulu kabupaten Jember

Pratama, Sinta Nugra (2020) Sinta Nugra PratamaInternalisasi nilai-nilai seni reog dalam membangun karakter Islami peserta didik (studi kasus ekstrakurikuler reog) di sekolah menengah atas Bima Ambulu kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sinta Nugra Pratama_T20161176.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Kesenian Reog merupakan kebudayaan Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan. SMA Bima pun berusaha menjaga dan melestarikan budaya dengan menfasilitasi ekstrakurikuler reog. Ekstrakurikuler Reog dilatarbelakangi oleh minimnya pendidikan orang tua. Ekstrakurikuler reog tidak hanya sebagai media pertunjukan, namun juga terdapat nilai-nilai moral yang dapat membentuk karakter Islami anak. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini: (1) Bagaimana pelaksanakan progam ekstrakurikuler reog di SMA Bima Ambulu? (2) Bagaimana pembentukan karakter Islami siswa melalui nilai-nilai seni reog dalam ekstrakurikuler reog di SMA Bima Ambulu? Tujuan dari penelitian ini: (1) Mendeskripsikan progam kegiatan ekstrakurikuler reog di SMA Bima Ambulu. (2) Mendeskripsikan pembentukan karakter Islami siswa melalui nilai-nilai seni reog dalam ekstrakurikuler reog di SMA Bima Ambulu. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanakan kegiatan ekstrakurikuler reog di SMA Bima Ambulu dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan dari visi misi SMA Bima Ambulu. Ekstrakurikuler reog di SMA Bima Ambulu dilatih oleh pelatih yang sudah berpengalaman dan dalam pembagian tugas pelatih membagi berdasarkan fisik, psikologis dan bakat siswa. Personil ekstrakurikuler reog di SMA Bima Ambulu diikuti antara 50-60 siswa. Ekstrakurikuler berjalan dengan baik dan lancar karena sarana dan prasana yang memadai dan adanya dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak dan masyarakat sekitar. (2) Pembentukan karakter Islami siswa di SMA Bima Ambulu dibentuk melalui teguran atau peringatan yang berupa siswa mempraktekan gerakan sesuai bagian masing- masing di depan teman-temannya sambil mengelilingi lapangan. Dari teguran tersebut siswa membentuk karakter displin (menghargai waktu), rasa solidaritas yang tinggi (kekeluargaan), rasa tanggung jawab, jujur dan cinta pada budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:19
Last Modified: 14 Sep 2022 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13134

Actions (login required)

View Item View Item