Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo�Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

SUSANTI, EVI (2020) Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo�Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EVI SUSANTI_T20153060.pdf - Submitted Version

Download (14MB)

Abstract

Pendidikan Sistem Ganda merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan di sekolah menengah kejuruan yang memadukan secara sistematis antara teori yang diperoleh di sekolah dengan pengalaman di Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). SMK Ma’arif Terpadu masih meluluskan IX (Sembilan) angkatan dan bisa dikatakan merintis. Hal tersebut dikarenakan sarana prasarana dan tenaga pendidiknya belum memenuhi. Meskipun demikian, program PSGnya berjalan sejak berdirinya lembaga tersebut sampai saat ini. Keberhasilan SMK Ma’arif Terpadu memfungsikan jalinan kerjasama tersebut tidak lepas dari ruang lingkup manajemen humasnya dengan menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan hubungan masyarakat dalam pengembangan mutu pendidikan sistem ganda di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo-Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan hubungan masyarakat dalam pengembangan mutu pendidikan sistem ganda di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo-Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi hubungan masyarakat dalam pengembangan mutu pendidikan sistem ganda di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo-Jember tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan hubungan masyarakat dalam pengembangan mutu pendidikan sistem ganda di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo-Jember tahun pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan hubungan masyarakat dalam pengembangan mutu pendidikan sistem ganda di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo-Jember tahun pelajaran 2018/2019, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi hubungan masyarakat dalam pengembangan mutu pendidikan sistem ganda di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo-Jember tahun pelajaran 2018/2019 Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitiannya menggunakan purposive.Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles and Huberman melalui langkah-langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian di antaranya yaitu, 1) Perencanaan hubungan masyarakat dalam pengembangan mutu pendidikan sistem ganda di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo�Jember dilakukan setiap tiga bulan sebelum pelaksanaan PSG/Prakerin dengan melalui beberapa tahap: a) Analisis kebutuhan, b) Penyusunan program, c) Menentukan tim, d) Memilih instansi (dunia usaha/dunia industry) dan e) Sinkronisasi kurikulum. 2) Pelaksanaan hubungan masyarakat dalam pengembangan mutu pendidikan sistem ganda di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo-Jember terdiri dari tiga bentuk kegiatan yaitu: menyusun nota kesepahaman bersama (MoU), praktik kerja industry dan Monitoring. 3) Evaluasi hubungan masyarakat dalam pengembangan mutu pendidikan sistem ganda di SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo-Jember dilakukan dengan cara evaluasi melalui rapat evaluasi setiap akhir kegiatan dan rapat evaluasi rutinan dengan warga sekolah setiap enam bulan sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:01
Last Modified: 14 Sep 2022 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item View Item