Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 1 Rambipuji.

Anizar Bayhaqi, Muhammad (2020) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 1 Rambipuji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Anizar Bayhaqi_T201510002.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013 yang sebagian besar terletak pada kinerja guru sebagai salah satu faktor utama dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013 perlu disiapkan dengan matang, dimana kurikulum 2013 memunculkan pendekatan saintifik yang harus diterapkan oleh guru-guru dalam pembelajaran. Pada kenyataannya tidak semua guru paham betul dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk setiap satuan pendidikan. Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sangat menentukan keberadaan ketiga aspek kompetensi pada anak didik. Fokus dari penelitian ini adalah 1) bagaimana proses perencanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA Terpadu 2) bagaimana proses pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA Terpadu dan 3) bagaimana proses penilaian pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 1 Rambipuji. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan karena peneliti mengumpulkan data di lapangan, yaitu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Rambipuji Jember. Informan dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa siswi SMP Negeri 1 Rambipuji. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 1) data reduction (reduksi data), 2) data display (penyajian data), 3) conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan /verifikasi). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran IPA Terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik pada tahap perencanaan yang dilakukan guru SMP Negeri 1 Rambipuji sebelum mengajar yakni guru menyiapkan RPP, dimana RPP dibuat dengan mencantumkan langkah-langkah pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh guru SMP Negeri 1 Rambipuji yaitu sudah menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik yang sesuai dengan rencana yaitu tertulis di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tahap Penilaian yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara menilai waktu proses pembelajaran dengan mengamati peserta didik secara langsung dan refleksi peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah. Penilaian hasil pembelajaran tersebut melalui tes lisan maupun tulisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 19 Sep 2022 00:51
Last Modified: 19 Sep 2022 00:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item View Item