Manajemen Kurikulum Berbasis Pesantren (Studi Kasus MTs Miftahul Ulum, Suren-Ledokombo)

Lutfiah, Aida (2018) Manajemen Kurikulum Berbasis Pesantren (Studi Kasus MTs Miftahul Ulum, Suren-Ledokombo). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Aida Lutfiah_0849115010.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Kurikulum, Pesantren Sampai saat ini eksistensi pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam pertama kali di Indonesia masih menunjukkan eksistensinya di era laju modernitas. Begitu pula dengan madrasah yang merupakan metamorfosis dari pesantren juga semakin meningkat secara kuantitas. Hal ini menunjukkan bahwa kemajuan jaman dan teknologi informasi menjadi sebuah tantangan bagi kedua lembaga pendidikan Islam tersebut untuk terus berperan dalam meningkatkan kualitas generasi bangsa. Demikian juga pada MTs Miftahul Ulum Suren yang tetap memegang teguh pada nilai-nilai kepesantrenan. Madrasah yang berada dalam satu lingkungan pesantren tersebut berupaya menyelenggarakan sistem pembelajaran dengan kurikulum berbasis pesantren. Kelompok mata pelajaran agama Islam yang dipelajari di madrasah tidak menggunakan buku paket dari kementerian agama (KEMENAG). Akan tetapi menggunakan dan merujuk pada kitab-kitab kepesantrenan. Penelitian ini membahas tentang kurikulum berbasis pesantren di MTs Miftahul Ulum Suren bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris bagianbagian yang telah dirumuskan dalam fokus penelitian, yaitu: 1). Bagaimana perencanaan kurikulum berbasis pesantren di MTs Miftahul Ulum Suren Ledokombo? 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis pesantren di MTs Miftahul Ulum Suren Ledokombo? 3) Bagaimana evaluasi kurikulum berbasis pesantren di MTs Miftahul ulum Suren Ledokombo? Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data yang digunakan yaitu, pengumpulan data, condensation data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum berbasis pesantren dilakukan dengan melibatkan beberapa pihak baik dari madrasah maupun dari pesantren yakni biro pendidikan dan biro kepesantrenan. Pada tahap perencanaan ini, kedua biro tersebut merancang kitab-kitab yang akan di jadikan rujukan maupun yang dipelajari di Madrasah. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan dua strategi yakni tradisional seperti bandongan dan strategi pembelajaran aktif apabila dibutuhkan. Evaluasi kurikulum berbasis pesantren dilakukan dengan memprioritaskan sikap kedisiplinan dan akhlak siswa baik di madrasah maupun dipesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 09 Feb 2021 07:31
Last Modified: 09 Feb 2021 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item