Pengaruh Penyaluran Pembiayaan Rahn dan Harga Emas Terhadap Jumlah Pendapatan PT. Pegadaian di Indonesia Periode 2004-2018

Septiana, Rieke (2020) Pengaruh Penyaluran Pembiayaan Rahn dan Harga Emas Terhadap Jumlah Pendapatan PT. Pegadaian di Indonesia Periode 2004-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rieke Septiana_E20161138.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Pegadaian merupakan suatu lembaga keuangan bukan Bank yang memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan ciri yang khusus, yaitu secara hukum gadai. Pegadaian sendiri memiliki dua unit usaha berbasis konvensional dan berbasis syariah. Kehadiran usaha gadai telah membantu peran pemerintah dalam inklusi keuangan dengan membantu masyarakat golongan menengah kebawah mendapatkan akses keuangan dan fasilitas pembayaran. Selain itu usaha gadai (rahn) juga menjadi solusi pendanaan bagi masyarakat, untuk memutuskan praktek ijon dan terhindar dari lingkaran rentenir. Pegadaian akan dipengaruhi oleh kondisi internal dan kondisi eksternal dalam menentukan jumlah penyaluran pembiayaan gadai syariah. Faktor internal yang dimaksud yaitu bagaimana perusahaan dapat mengelola dengan baik seperti manajemen asset perusahaan, manajemen gadai. Sedangkan kondisi eksternal yaitu tingkat harga emas yang setiap tahunnya mengalami fluktuasi. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: a). Apakah ada pengaruh signifikan penyaluran pembiayaan rahn dan harga emas secara parsial terhadap jumlah pendapatan PT. Pegadaian di Indonesia periode 2004-2018?, b) Apakah ada pengaruh signifikan penyaluran pembiayaan rahn dan harga emas secara simultan terhadap jumlah pendapatan pada PT. Pegadaian di Indonesia periode 2004-2018? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyaluran pembiayaan rahn dan harga emas secara parsial signifikan terhadap jumlah pendapatan PT. Pegadaian di Indonesia periode 2004-2018, untuk mengetahui pengaruh penyaluran pembiayaan rahn dan harga emas terhadap jumlah pendapatan PT. Pegadaian di Indonesia periode 2004-2018. Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif dengan jenis pendekatan kuantitatif, adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode kepustakaan dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan tahunan pegadaian di Indonesia tahun 2004-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara parsial penyaluran pembiayaan rahn berpengaruh positif terhadap pendapatan. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel (X1) penyaluran pembiayaan rahn menunjukkan hasil thitung lebih besar dari ttabel (16,017>2,002247) serta nilai sig yaitu 0,000<0,05. Secara parsial harga emas berpengaruh positif terhadap pendapatan. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan untuk hasil uji signifikan parametrik individual (uji t) pada variabel harga emas (X2) menghasilkan thitung sebesar 7,474, artinya thitung lebih besar dari ttabel (7,474>2,002247) serta nilai sig yaitu, 0,00<0,05. Secara Simultan variabel penyaluran pembiayaan rahn dan harga emas berpengaruh terhadap pendapatan pegadaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 09:14
Last Modified: 20 Sep 2022 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13266

Actions (login required)

View Item View Item