.Analisis perbandingan kinerja keuangan perbankan sebelum dan sesudah bekerjasama dengan financial technology (studi empiris bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019)

bah, Mis (2021) .Analisis perbandingan kinerja keuangan perbankan sebelum dan sesudah bekerjasama dengan financial technology (studi empiris bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Misbah_E20171020.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun terus mengalami kemajuan yang pesat, sejak kemunculannya hingga saat ini teknologi menjadi hal yang hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Salah satu perkembangan teknologi yang berkembang pesat di Indonesia adalah financial technology dan beberapa bank telah melakukan kerjasama dengan financial technology. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Apakah ada perbedaan rata-rata return on assets bank sebelum dan sesudah bekerjasama dengan financial technology? 2). Apakah ada perbedaan rata-rata return on equity bank sebelum dan sesudah bekerjasama dengan financial technology? 3). Apakah ada perbedaan rata-rata neet interes margin bank sebelum dan sesudah bekerjasama dengan financial technology? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata return on assets bank sebelum dan sesudah bekerjasama dengan financial technology. 2). Untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata return on equity bank sebelum dan sesudah bekerjasama dengan financial technology. 3). Untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata neet interes margin bank sebelum dan sesudah bekerjasama dengan financial technology. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik menggunakan Shapiro Wilk, dan uji beda menggunakan uji Paired Sample T-test untuk data yang berdistribusi secara normal dan uji Wilcoxon Sign Rank Test untuk data yang tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bank Mandiri pada variabel ROA, ROE dan NIM terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah bekerjasama dengan financial technology. Pada Bank Negara Indonesia, variabel ROA dan ROE tidak terdapat perbedaan signifikan, sedangkan pada variabel NIM terdapat perbedaan signifikan. Pada Bank Central Asia ROA dan NIM tidak terdapat perbedaan signifikan, sedangkan variabel ROE terdapat perbedaan signifikan. Pada Bank Ganesha, variabel ROA tidak terdapat perbedaan signifikan, sedangkan pada variabel ROE dan NIM terdapat perbedaan signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:24
Last Modified: 22 Sep 2022 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item View Item