Analisis Diferensiasi Dan Positioning Pada Produk Tabungan Faedah (Fasilitas Serba Mudah) Terhadap Motivasi Menabung Nasabah (Di PT. Bank BRISyariah KCP Genteng)

Aulia, Nur Afni (2019) Analisis Diferensiasi Dan Positioning Pada Produk Tabungan Faedah (Fasilitas Serba Mudah) Terhadap Motivasi Menabung Nasabah (Di PT. Bank BRISyariah KCP Genteng). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Afni Aulia_083 143 024.pdf - Submitted Version

Download (19MB)

Abstract

Motivasi menabung nasabah merupakan hal terpenting yanga ada dalam Bank, karena dengan demikian akan menunjang pertumbuhan yang sangat diharapkan oleh setiap Bank. Secara keseluruhan motivasi dapat diaertikan sebagai pemberi daya penggeerak yang menciptakan kegairahan seseorang agar mereka mau bekerjasama, bekerja efektif, dan terintegrasi dengan segala upayanya untuk mencapai kepuasan. Rumusan Masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah variabel diferensiasi program FAEDAH (Fasilitas Serba Mudah) tabungan BRISyariah berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi menabung nasabah? 2) Apakah variabel postioning program FAEDAH (Fasilitas Serba Mudah) tabungan BRISyariah berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi menabung nasabah? 3) Apakah variabel diferensiasi program dan positioning program faedah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi menabung nasabah? Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui, menemukan, mengembangkan, maupun mengoreksi atau menguji kebenaran ilmu pengetahuan yang ada. Data yang diperoleh dari Penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis, uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasi, uji regresi linear berganda. Sumber data yang digunakan oleh peneliti untuk meneliti adalah data sekunder. Hasil perhitungan t tabel dalam penelitian ini untuk derajat kebebasan df = 120-2 = 118 dengan signifikan 5% atau 0,05 adalah 1,660, sedangkan perhitungan t hitung sebesar 0,603, maka nilai t hitung > t tabel atau 0,603 maka Ho itolak dan Ha diterima, artinya signifikan, jadi, analisis diferensiasi dan positioning berpengaruh signifikan terhadap motivasi menabung nasabah Bank BRISyariah KCP Genteng. Nilai R = 0,056 dan koefisien Determinasi (R Square) sebesar 0,003. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi menabung nasabah (Y) dipengaruhi sebesar 3% oleh diferensiasi (X1) dan positioning (X2) sedangkan sisanya 100% - 3% = 97% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain. Rsquare berkisaran pada angka 0 sampai 1, dengan cacatan semakin kecil angka Rsquare, semakin lemah hubungan kedua variabel. Artinya Diferensiasi dan Positioning berpengaruh terhadap motivasi menabung nasabah sebesar 3% dan 97% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:32
Last Modified: 26 Sep 2022 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13358

Actions (login required)

View Item View Item