Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Religus dan Disiplin pada Siswa di MTsN 02 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Insitut Agama Islam Negeri Jember.

Nuraniyah, Faizatun (2020) Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Religus dan Disiplin pada Siswa di MTsN 02 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Insitut Agama Islam Negeri Jember. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Faizatun Nuraniyah_0849316035.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai Karakter Religius dan Disiplin, Strategi Guru, Menanamkan Karakter

Penanaman karakter pada peserta didik menjadi sangat penting dikuatkan untuk membentengi dan memperbaiki moral generasi muda bangsa, dan guru sebagai ujung tombak pendidikan nasional yang memegang peranan utama dalam melaksanakan penanaman karakter peserta didik diharapkan untuk tidak berhenti berinovasi dan berkreasi dalam menciptakan strategi yang efektif dan efisien untuk memperbaiki akhlak peserta didik sesuai tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini berjudul Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Religus dan Disiplin pada Siswa di MTsN 02 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Dengan fokus penlitian yaitu 1) bagaimana strategi Guru dalam menanamkan Karakter Religus dan Disiplin pada Siswa di MTsN 02 Jember melalui kegiatan kurikuler, 2) bagaimana strategi Guru dalam menanamkan Karakter Religus dan Disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan 3) bagaimana cara guru melibatkan orang tua dalam menanamkan nilai karakter religius dan disiplin pada siswa di MTsN 02 jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, dengan mengambil latar di MTsN 2 Jember. Metode pengumpulan data dilakukan antara lain menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui; 1) kondensasi data; 2) penyajian data dan 3) disimpulkan. Adapun penelitian ini memakai teknik anlisis data yaitu 1) triangulasi; 2) bahan refrensi yang mendukung. Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Strategi guru dalam menanamkan nilai karakter religius dan disiplin pada siswa melalui kegitan Kurikuler adalah melalui beberapa strategi yaitu: a) Guru Menginternalisasikan nilai-nilai karakter Religius dan disiplin ke dalam bahan ajar; b) Support dan Kontrol oleh kepala sekolah kepada para Guru untuk berinovasi, c) Penguatan karakter religus dan disiplin; d) Pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui 3 tahapan yaitu; kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. 2) Strategi guru dalam menanamkan nilai karakter religius dan disiplin pada siswa melalui kegitan ekstrakurikuler a) kegiatan ngaji juz 30 dan asmaul husna di pagi hari dilanjutkan shalat dhuha berjamaah, b) kegiatan Tahfidzul Qur’an; c) kegiatan tartilul qur’an d) memberikan proyek kebaikan bagi siswa berupa tugas kultum. 3) Cara Guru Melibatkan Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius dan Disiplin pada siswa adalah a) Membangun sikap kekeluargaan dengan wali murid; b) Melibatkan orang tua dalam evaluasi penanaman karakter religius dan disiplin siswa melalui buku penghubung; c) meningkatkan intensitas komunikasi langsung maupun tidak langsung; d) Pemanfaatan Tekonologi dan Media Sosial;

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 10 Feb 2021 07:26
Last Modified: 10 Feb 2021 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1336

Actions (login required)

View Item View Item