Pembelajaran Ekstrakurikuler Tilawah Di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Widiyaningsih, Windi (2022) Pembelajaran Ekstrakurikuler Tilawah Di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHAMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WINDI WIDIYANINGSIH.pdf

Download (7MB)

Abstract

SMP Plus Darus Sholah Jember pernah mengikuti lomba juara pekan
keterampilan dan seni pendidikan agama Islam (PENTAS PAI) berupa lomba
tilawah, siswa yang ikut dalam lomba ini adalah siswa yang mengikuti
ekstrakurikuler tilawah, ekstrakurikuler tilawah merupakan pembelajaran yang
dilaksanakan di bawah tanggung jawab dan bimbingan sekolah. ekstrakurikuler
tilawah ini adalah program yang diadakan di luar jam pelajaran. Tilawah artinya
adalah bacaan, yang mana harus memperhatikan mahrijul huruf beserta lagu-lagu
tilawah, tilawah adalah pembacaan ayat Al-Qur’an dengan baik dan benar.
berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian di SMP Plus Darus
Sholah Jember tahun pelajaran 2021/2022 yang menerapkan pembelajaran
ekstrakurikuler tilawah.
Fokus masalah yang diteliti adalah : 1). Bagaimana perencanaan
pembelajaran ekstrakurikuler tilawah di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun
pelajaran 2021/2022, 2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler
tilawah di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2021/2022, 3).
Bagaimana evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler tilawah di SMP Plus Darus
Sholah Jember tahun pelajaran 2021/2022.
Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran ekstrakurikuler tilawah di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun
pelajaran 2021/2022. 2). Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan
pembelajaran ekstrakurikuler tilawah di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun
pelajaran 2021/2022. 3). Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi
pembelajaran ekstrakurikuler tilawah di SMP Plus Darus Sholah Jember.
Untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut, peneliti ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian studi kasus (case
study) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa pengamatan
(observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi (documetation) analisis
data dilakukan dengan langkah pengumpulan data (data collection), kondensasi
data (condensation data), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan
dan verifikasi (conclusion dan verification). Keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran
ekstrakurikuler tilawah di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran
2021/2022 mengacu pada sebuah RPP yang mana RPP ini digunakan untuk
mempermudah menyampaikan materi yang sedang di bahas. 2) Pelaksanaan
pembelajaran ekstrakurikuler tilawah di SMP Plus Darus Sholah Jember. terdiri
dari 3 langkah, yaitu menentukan jadwal yaitu seminggu sekali, penentuan lokasi
di SMP Plus Darus Sholah tepatnya di salah satu ruang kelas, memilih metode
yaitu metode tallaqi, media, dan materi ajar. 3) Evaluasi pembelajaran
ekstrakurikuler tilawah di SMP Plus Darus Sholah Jember menggunakan tes lisan
dengan pembacaan Al-Qur’an sesuai dengan materi yang diajarkan ustaz.
Kata Kunci : Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Tilawah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: miss windi widiyaningsih
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:11
Last Modified: 12 Oct 2022 04:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13556

Actions (login required)

View Item View Item