Nisa, Siti Azizatun (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Ular Naga Bagi Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Lailatul Hasanah_T201511088.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Dalam rangka mengurangi masalah anak yang menyangkut kemampuan sosial emosioanal seperti anak yang masih memiliki sikap egois, bersifat individual dan saling berebut dalam bermain, serta adanya sikap anak yang tidak mampu menjalin kerja sama antar anggota kelompoknya, maka perlu dilakukan suatu upaya pembelajaran yang dikemas melalui permainan ular naga. Tegasnya, permainanular naga dapatmenjadi media yang strategis dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak usia dini, tanpa terkecuali yaitu kemampuan pada aspek kerjasama dan berbagi. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1) bagaimana upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional pada aspek kerjasama melalui permainan ular naga bagi anak kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019?. 2) bagaimana upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional pada aspek berbagi melalui permainan ular naga bagi anak kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini diRaudhatul Athfal Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional pada aspek kerjasama melalui permainan ular naga bagi anak kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 07 Silo Jember dilakukan dilakukan dengan mengupayakan anak-anak memiliki sikap kooperatif dengan membiasakan anak membentuk hubungan pertemanan yang positif baik di dalam lingkungan RA maupun di luar lingkungan RA. Pembiasaan tersebut ditanamkan kepada anak dengan cara membiasakan anak menghargai dan menunggu giliran saat temannya bermain, membiasakan anak-anak untuk saling membantu ketika ada temannya yang kesulitan terutama ketika ada anak bawang yang terkena tangkap atau sandera oleh penjaga gerbang, serta membiasakan anak didik mempunyai sikap kekompakan dalam bermain dengan menyanyikan lagu bersama-sama. 2) upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional pada aspek berbagi melalui permainan ular naga bagi anak kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember dilakukan dengan memberikan contoh perbuatan untuk tidak saling berebut peran dalam permainan ular naga, memberi contoh anak untuk bisa berbagi peran siapa yang menjadi penjaga gerbang dan siapa yang menjadi anak bawang, serta memberi contoh bagaimana anak bisa memiliki rasa empati maka anak akan terbiasa menolong orang lain dengan suka rela tanpa paksaan. Dengan cara seperti itu diharapkan anak dapat membedakan dan memilih suatu perbuatan yang harus dilakukan anak untuk orang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:51 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 01:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13580 |
Actions (login required)
View Item |