INI, ISNA (2019) Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di MIN 1 Bondowoso Tahun Ajaran 2018/ 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
ISNAINI_T20154011.pdf - Submitted Version Download (27MB) |
Abstract
Peneliti ini dilatar belakangin oleh banyaknya pelajaran, metode, diskusi, eksperimen, penugasan, dan lain sebagainnya yang dilakukan oleh beberapa guru di Madarasah Ibtida’iyah, khususnya di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 1 Bondowoso. Seorang guru kelas V yang mengajar di MIN 1 Bondowoso mempunyai inisiatif sendiri untuk mengubah pembelajaran yang cenderung membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dengan cara mengimplementasikan strategi yang sering digunakan yaitu, Inquiri, Kooperatif, Pembelajaran berbasis masalah, ini melibatkan partisipasi peserta didik sejak kegiatan pembelajaran dimulai. Dengan ini peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar bisa maksimal Fokus Penelitian: 1) Bagaimana Kompetensi Pedogogik guru Al-Qur’an hadist di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Bondowoso Tahun Pelajaran2018/2019? dan 2) Bagaimana Dampak Kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini untuk : 1) Mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019; dan 2) Mendeskripsikan dampak kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019? Metode dalam Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitianya adalah Fild Research. Teknik pengunpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis data kualitatif Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Sedangkan ke absahan datannya mengunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kompetensi pedagogik guru al-Qur’an hadist di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019; guru memiliki ke mampuan memahami karakter peserta didik memahami peserta didik secara menyeluruh yang meliputi perkembangan kognitif, kepribadian, dan kemampuan awal peserta didik, guru harus mampu merencanakan pembelajaran yang meliputi pemahaman dasar-dasar pendidikan, tujuan pembelajaran, teori belajar dan pembelajaran, Guru memilih strategi pembelajaran, peserta didik, mengetahui kompetensi yang ingin dicapai, dan menguasai materi. 2. Bagaimana Dampak Kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019? Dampak Positif yang dihasilkan dari strategi mengajar guru di MIN 1 Bondowoso ini adalah manfaat media yang inovatif dan menarik atau tradisional modern, hasil belajar efektif, pembelajaran di kelas non kelas , mengembangkan prilaku dengan berbagai teknik, dan guru harus mampu mengella pembelajaran seperti memahami karakteristik siswa, kemampuan merencanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar. serta kemampuan mengembangkan ragam potensi siswa serta mampu memanfaatkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:41 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 02:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13581 |
Actions (login required)
View Item |