Pembelajaran Seni Tari Dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa di MIMA 29 Miftahul ulum kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Sugiarti, Wita (2019) Pembelajaran Seni Tari Dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa di MIMA 29 Miftahul ulum kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Wita Sugiarti_T20154056.pdf - Submitted Version

Download (38MB)

Abstract

Pembelajaran seni tari berpengaruh penting bagi perkembangan kemampuan motorik, melatih siswa dalam mengoordinasikan antara gerak dan bunyi gerak merupakan unsur utama dalam perkembangan kemampuan motorik. aktivitas pembelajaran seni tari di sekolah dasar jarang di praktekkan dibandingkan dengan mata pelajaran yang lebih menuntut pada kemampuan kognitif. Pembelajaran seni tari perlu dipraktekkan karena mempunyai manfaat yaitu bagi fisik ditunjukkan dengan perkembangan motorik , mental dan estetik. Fokus penelitian skripsi ini adalah : 1) Bagaimana tujuan pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum kecamatan Ambulu kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana media pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum kecamatan Ambulu kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana langkah-langkah strategi pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum kecamatan Ambulu kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum kecamatan Ambulu kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian skripsi ini yaitu : 1) Untuk mengetahui tujuan pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum kecamatan Ambulu kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019.2) Untuk mengetahui media pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum kecamatan Ambulu kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019.3) Untuk mengetahui langkah-langkah strategi pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum kecamatan Ambulu kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019.4) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum kecamatan Ambulu kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif aktif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan diantaranya: 1)Tujuan pembelajaran seni tari melalui kegiatan menari siswa dapat bergerak untuk mengembangakan kemampuan motoriknya. 2)Media pembelajaran seni tari yang digunakan guru adalah leptop,sound dan peralatan menari. 3)langkah-langkah strategi pembelajaran seni tari dengan metode student teams achievement division(STAD). Evaluasi pembelajaran seni tari yaitu evaluasi formatif pada ahir pelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:37
Last Modified: 12 Oct 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

View Item View Item