Peran Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan di SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember.

Shofa, Isna Zahrotus (2019) Peran Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan di SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Isna Zahrotus Shofa_T20153086.pdf - Submitted Version

Download (49MB)

Abstract

Sekolah harus bisa membina kerjasama dengan orang tua dan masyarakat, menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik dan warga sekolah, serta dapat memberdayakan dan meningkatkan peran masyarakat. Karena dalam menyelenggarakan suatu pendidikan tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh suatu satuan pendidikan tanpa adanya partisipasi dan kerjasama dengan masyarakat sekitar dan orang tua peserta didik. Maka, keberadaan komite sekolah memang dipandang strategis sebagai badan penyelenggara pendidikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan di SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember? (2) Bagaimana peran komite sekolah sebagai badan pendukung di SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember? (3) Bagaimana peran komite sekolah sebagai badan pengontrol di SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember? (4) Bagaimana peran komite sekolah sebagai badan penghubung di SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan di SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember; (2) Mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai badan pendukung di SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember; (3) Mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai badan pengontrol di SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember; (4) Mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai badan penghubung di SMK Hidayatul Mubtadiin Sidodadi Tempurejo Jember. Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pemilihan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles, Huberman and Saldana. Langkah-langkahnya meliputi: Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas yaitu: Triangulasi sumber, teknik dan waktu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan oleh komite SMK Hidayatul Mubtadiin seperti selalu ikut serta dalam memberikan masukan, memberikan pertimbangan, dan menyelenggarakan rapat RAPBS; (2) Peran Komite sekolah sebagai badan pendukung, komite sekolah berpartisipasi dalam pengelolaan sumber daya seperti memantau kondisi ketagaan pendidikan disekolah, pengelolaan sarana dan prasarana seperti memantau sarana prasarana yang ada disekolah dan pengelolaan anggaran; (3) Peran komite sekolah sebagai badan pengontrol, komite sekolah ikut serta dalam evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, penyelenggraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan; (4) Peran komite sekolah dalam berperan sebagai badan penghubung berarti menjadi penghubung antara pemerintah, sekolah, orang tua peserta didik serta masyarakat. Komite sekolah juga ikut serta dalam hal mensosisaliasikan kebijakan dan program sekolah kepada masyarakat luar juga mengkoordinasi mengenai kondisi sumber daya di sekolah dan bantuan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:37
Last Modified: 12 Oct 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13588

Actions (login required)

View Item View Item