MARIYAH, KHO (2019) Pembelajaran Aksara Bali menggunakan metode Card Sort di kelas V di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Bali Tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
KHOMARIYAH_T20154045.pdf - Submitted Version Download (7MB) |
Abstract
Pembelajaran Aksara Bali menggunakan metode Card Sort di kelas V di Kelas V Madrasah IbtidaiyBali yang dikenal sebagai huruf hanacaraka dan menjadi salah satu huruf Aksara tradisional yang berkembang di Bali. dan dipergunakan untuk membantu masyarakat Bali dalam menulis Bahasa Bali maupun Bahasa Sansekerta ketika ada kegitan seni, upacara keagamaan dan lain sebagainya. Pembelajaran Aksara Bali ini adalah muatan lokal Bahasa daerah khususnya daerah Bali. pembelajaran Aksara Bali dianggap sulit karena bukan bahasa yang digunakan sehari -hari oleh siswa. Maka dari itu salah satu cara yang dapat digunakan guru agar siswa mudah mempelajari dan antusias dalam pembelajaran Bahasa Bali khususnya materi Aksara Bali guru menerapkan metode Card Sort. metode Card Sort yakni metode pembelajaran berapa potongan-potongan kertas yang dibentuk seperti kartu yang berisi informasi atau materi pelajaran. Fokus dalam penelitian ini adalah :1)Bagaimana perencanaan pembelajaran Aksara Bali menggunakan metode Card Sort di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Aksara Bali menggunakan metode Card Sort di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran Aksara Bali menggunakan metode Card Sort di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan perencanaan pembelajaran Aksara Bali menggunakan metode Card Sort di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran Aksara Bali menggunakan metode Card Sort di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Mendiskripsikan Evaluasi pembelajaran Aksara Bali menggunakan metode Card Sort di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (fild research) dengan pandangan Fenomenologi, lokasi yang diteliti adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jembrana. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi,wawancara dan dokumentasi.analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Milles and Huberman mulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. keabsahan data diuji menggunakan dua tehnik : triangulasi tehnik dan triangulasi sumber. Peneliti ini memperoleh kesimpulan : 1.Bahwa perencanaan terlebih dulu menyiapkan perangkat pembelajaran yang lengkap mulai dari kalender pendidikan,silabus yang kemudian dijadikan acuan bagi guru untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2.Dalam pelaksanaan proses pembelajaran sudah sesuai dengan langkah – langkah pembelajaran yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP)3.Pelaksanaan Evaluasi pada pembelajaran ini menggunakan evaluasi formatif dan evaluasi unjuk kerja. Dan dapat diketahui bahwa setelah melaksanakan metode Card Sort ini siswa menjadi aktif dan antusias selama mengikuti pembelajaran dan juga penyampaian pembelajaran juga tersampaikan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 04:05 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 04:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13596 |
Actions (login required)
View Item |