Pembelajaran Fiqih Aswaja Menggunakan Kitab Al-Tadzhib Fii Adillah Matn Al-ghayah Wa Al-Taqrib Kelas X di SMAU BPPT Darus Sholah Tahun Pelajaran 2018/2019

Wedra Efendi, Dafis Putra Agung (2019) Pembelajaran Fiqih Aswaja Menggunakan Kitab Al-Tadzhib Fii Adillah Matn Al-ghayah Wa Al-Taqrib Kelas X di SMAU BPPT Darus Sholah Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Dafis Putra Agung Wedra Efendi_084 141 086.pdf - Submitted Version

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran secara sederhana bermakna sebagai upaya untuk membelajarkan melalui berbagai upaya kearah pencapaian yang telah direncanakan, untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentunya banyak cara yang digunakan salah satunya adalah menggunakan kitab Al-tadzhib Fii Adillah Matn Al-ghayah Wa Al-taqrib, dimana dalam kitab ini mengandung penjelasan yang cukup ringkas dan terperinci sehingga mudah untuk memahami suatu materi karena didudkung oleh dalil-dalil yang sudah dicantumkan. Fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Fiqih Aswaja menggunakan Kitab Al-Tadzhib di SMAU BPPT Darus Sholah?. 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Aswaja menggunakan Kitab Al- Tadzhib di SMAU BPPT Darus Sholah?. 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Fiqih Aswaja menggunakan Kitab Al-Tadzhib di SMAU BPPT Darus Sholah ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendiskripsikan Perencanaan Pembelajaran Fiqih Aswaja menggunakan Kitab Al-Tadzhib di SMAU BPPT Darus Sholah. 2) Untuk Mendiskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Aswaja menggunakan Kitab Al-Tadzhib di SMAU BPPT Darus Sholah. 3) Untuk Mendiskripsikan Evaluasi Pembelajaran Fiqih Aswaja menggunakan Kitab Al- Tadzhib di SMAU BPPT Darus Sholah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Penentuan subyek penelitian secara purposive dengan memilih informan yang bisa dijadikan sebagai partisipan dalam penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan field reseach (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yaitu: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: 1) Perencanaan pembelajaran meliputi: a) penentuan materi yang disepakati dan ditentukan oleh para guru. b) Metode dan media ditentukan yaitu metode sorogan dan wettonan. c) Tujuan pembelajaran mengikuti materi dan telah ditentukan oleh guru. d) Alokasi waktu setiap pertemuan 2 jam pelajaran atau 90 menit dan terbagi menjadi tiga bagian yaitu pembukaan, pembentukan kompetensi dan Penutup. e) Sumber belajar sudah ditentukan yaitu menggunakan kitab Al-tadzhib. 2) Pelaksanaan Pembelajaran: a) Pembukaan yang dibagi dalam salam pembuka, doa pembuka dan apersepsi. b) Pembentukan kompetensi terdiri dari Penanaman dan pemahaman konsep dan latihan. c) Penutup terdiri dari pengulangan materi, doa penutup dan dalam penutup. 3) Evaluasi Pembelajaran: a) Evaluasi harian berupa membaca kitab, evaluasi penguatan konsep dari materi yang diberikan oleh guru, kemudian latihan soal. b) evaluasi formatif yang berupa latihan soal-soal yang berkaitan tentang materi yang telah dipelajari. c) Evaluasi Sumatif berupa ujian dari keseluruhan materi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:05
Last Modified: 12 Oct 2022 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item