Yuli Afrida, Gendis Eka (2019) Implementasi pembelajaran Team Teaching pada Mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Senduro-Lumajang. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Gendis Eka Yuli Afrida_084 141 355.pdf - Submitted Version Download (14MB) |
Abstract
Pembelajaran team teaching ini sudah lama di terapkan di MTs Sunan Kalijaga Senduro-Lumajang tepatnya sejak 5 tahun yang lalu. Team teaching merupakan salah satu Cara pembelajaran yang melibatkan dua orang guru atau lebih. Dengan ini diharapkan terjadi kerjasama antar guru dalam mengelola pembelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ialah (1) Bagaimana penerapan team teaching pada tahap awal pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MTs Sunan Kalijaga Senduro-Lumajang? (2) Bagaimana penerapan team teaching pada tahap inti pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MTs Sunan Kalijaga Senduro- Lumajang? (3) Bagaimana penerapan team teaching pada tahap evaluasi pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MTs Sunan Kalijaga Senduro-Lumajang? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya memakai observasi, wawancara, dan Documenter. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan implementasi pembelajaran team teaching adalah berpedoman pada RPP dan silabus. Guru team teaching berkolaborasi atau bekerja Sama dalam menyusun RPP, menentukan metode dan media yang sesuai dengan materi. Dalam perencanaan pembelajaran ini masingmasing guru harus bertanggung jawab terhadap peran atau tugasnya masingmasing dengan apa yang telah disepakati bersama. (2) Pelaksanaan implementasi pembelajaran team teaching adalah menggunakan jenis team teaching penuh yakni seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan bersama-sama oleh team teaching. Dalam pelaksanaan team teaching di dalam kelas terdapat dua orang guru menyampaikan materi pelajaran, sedangkan guru lainnya melakukan kegiatan tindak lanjut dari materi yang disampaikan. Kategori lainnya yakni monitoring teacher yaitu salah seorang gruu melakukan pembelajaran di kelas, sedangkan yang lainnya berkeliling untuk memonitor perilaku dan kemajuan siswa. (3)Evaluasi implementasi pembelajaran team teaching yaitu ada 2 model yaitu evaluasi guru dengan cara memberi kritikan dan saran untuk perbaikan mengajar, evaluasi siswa dilakukan oleh guru untuk mengulangi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru di akhir pembelajaran atau dengan memberikan pertanyaan langsung maupun memberikan soal kelompok kemudian disuruh mempresentasikan di depan kelas hari itu juga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 04:05 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 04:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13598 |
Actions (login required)
View Item |