Pengaruh Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Peserta Didik Kelas VIII MTs ASHRI

Akmalia, Rizka Tamara (2019) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Peserta Didik Kelas VIII MTs ASHRI. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Rizka Tamara Akmalia_T201510018.pdf - Submitted Version

Download (15MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan empiris diperoleh fakta bahwa di MTs ASHRI Jember pada mata pelajaran IPA belum sepenuhnya terpadu dan tersampaikan secara maksimal, hal tersebut dikarenakan terdapat kendala yaitu, guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran dan siswa tidak berperan secara aktif dan mandiri, serta kurangnya literasi pendukung proses pembelajaran IPA dikarenakan hanya ada satu buku penunjang dan tidak seluruh siswa mendapatkan buku bantuan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan serta pengaruh penerapan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantuan LKPD terhadap hasil belajar IPA Terpadu peserta didik kelas VIII di MTs ASHRI Jember. Sehingga tujuannya adalah untuk menganalisis perbedaan serta pengaruh penerapan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantuan LKPD terhadap hasil belajar IPA Terpadu peserta didik kelas VIII di MTs ASHRI Jember. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian Quasi Experimental Design. Menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Kelas VIII A sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, dan kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran CTL bebantuan LKPD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes essay dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,113 dan ttabel pada taraf siginifikansi 0,05 sebesar 2,002, maka thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantuan LKPD meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu peserta didik kelas VIII di MTs ASHRI Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:11
Last Modified: 12 Oct 2022 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13605

Actions (login required)

View Item View Item