Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Full Day School SMK Negeri 5 Jember

AISYAH, SITI (2019) Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Full Day School SMK Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SITI AISYAH_ T20151348.pdf - Submitted Version

Download (49MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani ajaran agama Islam. Seiring dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan umat beragama, hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa yang diterapkan dengan menggunakan dua metode yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab. Penerapan metode dalam pembelajaran tersebut dilakukan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut. 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di full day school SMK Negeri 5 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di full day school SMK Negeri 5 Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di full day school SMK Negeri 5 Jember?. Tujuan penulisan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut. 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di full day school SMK Negeri 5 Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di full day school SMK Negeri 5 Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di full day school SMK Negeri 5 Jember. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Menentukan Subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik interaktif model Miles Huberman, yakni kondensasi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dilakukan dengan cara pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum proses pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dilakukan dengan menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik. Untuk mengikuti proses pembelajaran agar menguasai isi materi untuk diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan metode ceramah, dan tanya jawab. 3) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dilakukan dengan dua evaluasi; yakni, evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Hal itu dilakukan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:10
Last Modified: 12 Oct 2022 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item View Item