Fadzilah, Rizka Laily (2019) Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Media Lagu Tipe Nursery Rhymes Di MIN 6 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Rizka Laily Fadzilah_T20154069.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran guru harus bisa menyesuaikan dengan tujuannya, maka dibutuhkan faktor pendukung yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang tepat. Lagu bisa dijadikan sebagai perantara dalam pembelajaran. Lagu memiliki banyak muatan di dalamnya, misalnya saja terkait isi lirik lagu yang bisa dimuati materi pembelajaran. Lagu memiliki tingkat fleksibilitas tinggi jika dikaitkan dengan Bahasa. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Bahasa Inggis dengan media lagu tipe nursery rhymes di MIN 6 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggis dengan media lagu tipe nursery rhymes di MIN 6 Jember? 3) Bagaimana pembelajaran Bahasa Inggis dengan media lagu tipe nursery rhymes di MIN 6 Jember? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analasis data dalam penelitian ini melalui tahap, yaitu: pengumpulan data,kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: 1) Pada tahap perencanaan guru menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai acuan agar terarah suatu pembelajaran. Dalam merencanakan media lagu, pertama- tama guru menulis naskah lagu atau lirik dikarenakan media lagu adalah sebuah media yang yang mengandalkan bunyi untuk menyampaikan informasi dan pesan, setelah itu guru memilih lagu yang dapat daya fantasi pada pendengarnya. Karna dalam pelitian ini guru menggunakan nursery rhymes, maka guru memilih lagu yang menggunakan percakapan. 2) Pada tahap pelaksanaan, awalnya guru menjelaskan dengan cara konvensional yaitu ceramah lalu setelah merasa cukup guru mengajak peserta didik menggunakan media lagu. Guru memberi tugas untuk mencari kosakata yang sedang dibahas dan mengartikan lirik lagu bersama-sama. 3) Pada tahap evaluasi, untuk mengukur keberhasilan dari pembelajarannya, guru mengevaluasi dengan mengajak peserta didik bermain menuliskan 1 kosakata yang sudah dipelajari terus bergantian tidak boleh sama yang dituliskan kosakatanya. Guru juga meminta anak melafalkan dengan baik kosakata sesuai tema yang dipelajari dan juga menyebutkan sebanyak- banyaknya kosakata yang ia peroleh dengan membentuk kelompok dan maju kedepan. Peserta didik diminta minimal 10 kosakata dan maksimal 20 kosakata yang mereka ketahui setelah belajar materi yang sudah dibahas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 07:10 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 07:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13611 |
Actions (login required)
View Item |