Yuliani, Endang (2019) Pengelolaan Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia Dini Dengan Menggambar Di Pecahan Genting Pada Kelompok B RA Al-Ishlah Wirowongso Ajung Kabupaten JemberTahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Endang Yuliani_T201511031.pdf - Submitted Version Download (16MB) |
Abstract
Usia dini merupakan fase anak yang belum menguasai aspek perkembangan secara optimal, dan mereka perlu belajar untuk mengembangkan setiap aspek yang memang harus dikembangkan pada masa itu, yaitu salah satunya perkembangan motorik halus anak. Salah satu aspek yang mendasar dan harus dikembangkan. Secara garis besar, pembelajaran motorik disekolah meliputi pembelajaran motorik kasar dan motorik halus. RA Al-Ishlah Ajung Kabupaten Jember di usia 5-6 tahun, ditemukan bahwa dari 23 anak, ditemukan 18 anak sudah mulai mampu menggambar dengan baik, sedangkan 5 anak lainnya mengalami kesulitan dalam menggambar. Oleh sebab itu Kemampuan motorik halus anak yang belum optimal dapat dikembangkan, salah satunya melalui menggambar. Menggambar merupakan salah satu cara bagi anak-anak dalam mengekspresikan pikiran dan perasaan yang positif dan negatif tentang diri mereka sendiri, keluarga dan dunia mereka. Ketika imajinasi kreatif yang dibuat anak-anak dinilai oleh guru disekolah, mereka akan lebih bisa mengerti dan memahami Fokus penelitian terdiri dari: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran menggambar dipecahan genting dalam melatih motorik halus Anak Usia dini kelompok B RA Al-Ishlah Wirowongso Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran menggambar dipecahan genting dalam melatih motorik halus anak usia dini pada kelompok B RA Al-Ishlah Wirowongso Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran menggambar dipecahan genting dalam melatih motorik halus anak usia dini pada kelompok B RA Al-Ishlah Wirowongso Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan metode atau tekhnik, serta analisis datanya adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, perencanan pembelajaran kelompok B di RA Al-Ishlah Wirowongso Ajung Jember dalam upaya melatih motorik halus anak usia dini dengan kegiatan menggambar di pecahan genting meliputi Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH) yang memuat anatara lain kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator pencapaian, materi ajar, alokasi waktu di Ra Al-Ishlah Kelompok B berkisar 150 menit, media pembelajara menggunakan kegiatan menggambar dipecahan genting yang memerlukan bahan-bahan seperti kuas, cat air pewarna, wadah untuk cat air yang terbuat dari gelas plastik kecil dan pecahan genting, sumber belajar, dan hasil belajar atau evaluasi pembelajaran. Kedua, pelaksanaan pembelajaran menggunakan media menggambar pada pecahan genting dalam upaya melatih motorik halus anak usia dini kelompok B RA Al-Ishlah Wirowongso Ajung Jember. Pertama pengelolaan kelas. Media yang digunakan menggambar dipecahan genting. Pembelajaran di RA Al-Islah berdurasi 150 menit yang dibagi menjadi lima bagian yaitu, pertama pembukaan dari pukul 07.30 sampai 07.45, kedua pembelajaran agama dari pukul 07.45 sampai 08.15, ketiga kegiatan inti 08.15 sampai 09.30 dan yang keempat istirahat dari pukul 09.30 sampai 09.45 dan yang terakhir yang kelima yaitu penutup dari pukul 09.45 sampai dengan 10.00 bertemapt di ruang kelas yang sudah di kelas kelomppok B RA Al-Ishlah Wirowongso Ajung Jember. Ketiga, evaluasi yang digunakan oleh guru-guru di RA Al-Ishlah Wirowongso Ajung Jember dalam upaya melatih motorik halus peserta didik dengan menggambar di pecahan genting ialah dengan pengamatan dan juga unjuk kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 08:45 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 08:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13626 |
Actions (login required)
View Item |