Persepsi Orang Tua tentang Jenjang Pendidikan Formal bagi Anak di Dusun Suko Barat Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember

KHOIROH, UMMUL (2020) Persepsi Orang Tua tentang Jenjang Pendidikan Formal bagi Anak di Dusun Suko Barat Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
UMMUL KHOIROH_084141456.pdf - Submitted Version

Download (17MB)

Abstract

Dusun Suko Barat merupakan salah satu dusun di Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember, dusun ini merupakan dusun paling rendah tingkat pendidikan masyarakatnya bila dibandingkan dengan dua dusun yang berada di Desa Kramat Sukoharjo. Terdapat banyak anak yang mengalami putus sekolah karena bekerja, menikah dan mondok di pondok pesantren salaf. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana persepsi orang tua tentang jenjang pendidikan dasar bagi anak di Dusun Suko Barat Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? (2) Bagaimana persepsi orang tua tentang jenjang pendidikan menengah bagi anak di Dusun Suko Barat Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? (3) Bagaimana persepsi orang tua tentang jenjang pendidikan tinggi bagi anak di Dusun Suko Barat Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan persepsi orang tua tentang jenjang pendidikan dasar bagi anak di Dusun Suko Barat Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember (2) Untuk mendeskripsikan persepsi orang tua tentang jenjang pendidikan menengah bagi anak di Dusun Suko Barat Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember (3) Untuk mendeskripsikan persepsi orang tua tentang jenjang pendidikan tinggi bagi anak di Dusun Suko Barat Desa Kramat Sukoharjo Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research). Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data condensation, data display, conslusion drawing/verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Persepsi orang tua tentang jenjang pendidikan dasar bagi anak sangat penting, karena pada jenjang pendidikan dasar anak diberikan ilmu pengetahuan dasar, seperti menulis, membaca dan berhitung (2) Orang tua yang mempunyai persepsi pendidikan menengah tidak penting bagi anak lebih banyak dari pada orang tua yang mempunyai persepsi pendidikan menengah penting bagi anak, karena bagi mereka mempunyai ijazah pendidikan menengah tidak menjamin anak mempunyai pekerjaan yang layak. (3) Sebagian kecil orang tua memiliki persepsi pendidikan tinggi penting bagi anak untuk menambah ilmu, serta untuk masa depan anak, dan sebagian besar orang tua mempunyai persepsi bahwa jenjang pendidikan tinggi tidak penting bagi anak, karena membutuhkan biaya yang besar dan tidak menjamin anak mempunyai pekerjaan yang layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:09
Last Modified: 13 Oct 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13637

Actions (login required)

View Item View Item