Penanaman Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Program “Wajib Di Asrama Bagi Peserta Didik Kelas XII” di SMK Walisongo Rambipuji Jember Tahun 2019.

Novita Sari, Diana (2020) Penanaman Materi Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Program “Wajib Di Asrama Bagi Peserta Didik Kelas XII” di SMK Walisongo Rambipuji Jember Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Diana Novita Sari_T20151263.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pendidikanIslampadasatu dekadeini, pendidikan islam tidak hanya dilaksanakan di sekolah saja, tetapi dikembangkangkan melalui pendidikan berasrama, sehingga dalam satu dekade ini pendidikan berasrama menjadi salah satu inovasi baru lembaga pendidikan untuk melaksanakan berbagai macam pembinaan nilai-nilai pendidikan Islam melalui pendidikan berasrama tersebut. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana penanaman materi pendidikan agama Islam terkait akidah dalam penerapan program “wajib di asrama bagi peserta didik kelas XII” di SMK Walisongo Rambipuji Jember Tahun 2019?2)Bagaimana penanaman materi pendidikan agama Islam terkait ibadah dalam penerapan program “wajib di asrama bagi peserta didik kelas XII” di SMK Walisongo Rambipuji Jember Tahun 2019?3)Bagaimana penanaman materi pendidikan agama Islam terkait akhlak dalam penerapan program “wajib di asrama bagi peserta didik kelas XII” di SMK Walisongo Rambipuji Jember Tahun 2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman materi pendidikan agama Islam terkait akidah dalam penerapan program“wajib di asrama bagi peserta didik kelas XII” di SMK Walisongo Rambipuji Jember Tahun 2019, Mendeskripsikanpenanaman materi pendidikan agama Islam terkait ibadah dalam penerapan program “wajib di asrama bagi peserta didik kelas XII” di SMK Walisongo Rambipuji Jember Tahun 2019, Mendeskripsikanpenanaman materi pendidikan agama Islam terkait akhlak dalam penerapan program “wajib di asrama bagi peserta didik kelas XII” di SMK Walisongo Rambipuji Jember Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis field reseach. Lokasi bertempat di SMK Walisongo desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember . Subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini diperoleh sebagai berikut: 1)penanaman materi PAI terkait akidah di SMK Walisongo Rambipuji Jember yaitu memfokuskan peserta didik untuk memahami rukun iman yang bertujuan untuk mengukuhkan serta memberikan penguatan akidah siswa terhadap Allah dan ciptaanNya. 2) penanaman materi PAI terkait ibadah di SMK Walisongo Rambipuji Jember yaitu terlihat dari adanya beberapa program kegiatan yang harus dilaksanakan oleh peserta didik, Seperti Sholat berjamaah, membaca Al-Qur’an, Dzikir dan Wirid serta membaca sholawat atas Nabi Muhammad Saw. 3) penanaman materi PAI terkait akhlak di SMK Walisongo Rambipuji Jember yaitu membiasakan siswa untuk berakhlak baik, misalnya berpakaian sopan dalam beribadah, sikap sopan santun terhadap sesama, serta saling menghormati dan menyayangi antara yang satu dengan yang lainnya, baik kepada yang lebih tua maupun kepada yang lebih muda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:09
Last Modified: 13 Oct 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13642

Actions (login required)

View Item View Item