WULANDARI, FITRI (2019) Pengaruh penggunaan Buku Teks Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Nurul Hasan Dadapan Grujugan Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
FITRI WULANDARI_084 121 087.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kehidupan terlebih dalam tatanan global. Kita dihadapkan pada berbagai tantangan, terutama dengan adanya globalisasi pasar bebas di lingkungan negara-negara ASEAN, maupun di kawasan negara-negara Asia Pasifik (APEC) yang menghadapkan manusia pada perubahan-perubahan yang kompleks (complexity) dan tidak menentu. Hal tersebut telah menimbulkan jurang pemisah yang mengakibatkan hubungan yang tidak linier antara pendidikan dengan dunia kerja atau “one to one relationship”, karena apa yang terjadi dalam dunia kerja sulit diikuti oleh duniapendidikan. Adanya permasalahan tersebut maka diperlukanlah perubahan yang cukup mendasar dalam sistem pendidikan nasional, yang dipandang oleh berbagai pihak sudah tidak relevan. Perubahan mendasar tersebut berkaitan dengan kurikulum, yang dengan sendirinya mempersyaratkan berbagai perubahan pada komponen-komponen pendidikan lain. Sebagai bentuk nyata perubahan tersebut, Menteri pendidikan dan Kebudayaan mengesahkan kurikulum 2013 sebagai pembaharuan dari kurikulum 2006. Titik berat kurikulum 2013 adalah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan obsservasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan). Peneliti ini berusaha mengungkapkan permasalahan tentang pokok masalahnya yaitu adakah pengaruh penggunaan buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Grujugan Bondowoso? dan pokok masalah ini akan di bahas secara lebih rinci yaitu menjadi tiga sub pokok masalah 1) Adakah pengaruh penggunaan buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Grujugan Bondowoso? 2) Adakah pengaruh penggunaan buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar afektif siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Grujugan Bondowoso? 3) Adakah pengaruh penggunaan buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Grujugan Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku teks pelajaran pendidikan agama islan dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Grujugan Bondowoso dan untuk tujuan secara terperincinya yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Grujugan Bondowoso. 2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar afektif siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Grujugan Bondowoso. 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Grujugan Bondowoso? Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis product moment dengan rumus: Rxy = Σ (Σ )(Σ ) √( Σ (Σ ) )( Σ (Σ ) ) Hasil penelitian ini secara umum adalah Ada pengaruh positif yang rendah antara buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Sedangkan hasil penelitian secara khusus adalah 1) Ada pengaruh positif yang rendah antara buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso . 2) Ada pengaruh positif yang tinggi antara buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar afektif siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. 3) Ada pengaruh positif yang rendah antara buku teks pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kurikulum 2013 terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas x SMK Nurul Hasan Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 07:26 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 07:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13654 |
Actions (login required)
View Item |