KETELADANAN KIAI SYAKIR SHANHAJI DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AS-SYAFI’IYAH SUKOREJO BANGSALSARI JEMBER

Hasanah, Lailatul (2022) KETELADANAN KIAI SYAKIR SHANHAJI DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AS-SYAFI’IYAH SUKOREJO BANGSALSARI JEMBER. KETELADANAN KIAI SYAKIR SHANHAJI DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AS-SYAFI’IYAH SUKOREJO BANGSALSARI JEMBER. (Unpublished)

[img] Text
LAILATUL HASANAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAILATUL HASANAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAILATUL HASANAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Lailatul Hasanah. 2022: Keteladanan Kiai Syakir Shanhaji Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Santri Di Pondok Pesantren As-Syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari.

Dalam pendidikan nonformal seperti pesantren kiai menjadi titik sentral sekaligus tokoh yang dihormati dan dituakan. Di Pondok pesantren As-Syafi’iyah peneliti tertarik untuk meneliti di tempat tersebut karena sosok kiai Syakir yang sangat unik dan religius dalam menanamkan pendidikan karakter kepada santrinya. Kiai Syakir langsung mencontohkan karakter yang baik melalui dirinya sendiri seperti beliau selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat jamaah bersama santrinya, usaha serta semangat beliau dalam mengembangkan dan memajukan pesantren yang didirikannya sehingga terkenal di daerah Bangsalsari bahkan di beberapa daerah tertentu. Selain itu, pesantren dapat bersaing dengan pendidikan formal. Maka penulis memiliki alasan kuat untuk meneliti Keteladanan Kiai Syakir Shanhaji dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo-Bangsalsari.
Fokus penelitian dari skripsi ini sebagai berikut: 1. Bagaimana keteladanan Kiai Syakir Shanhaji dalam pembentukan nilai-nilai karakter santri di Pondok As-Syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari; 2. Bagaimana pembentukan nilai-nilai karakter santri di Pondok As-Syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari.
Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif yaitu pendekatan yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek secara ilmiah sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan model Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Keteladanan Kiai Syakir Shanhaji di Pondok Pesantren As-Syafi’iyah Sukorejo-Bangsalsai yaitu sifat istikamah dalam sholat berjama’ah, sabar dalam mendidik santrinya, ramah kepada siapapun tanpa memandang status sosial, pandai dalam ilmu bahasa Arab dan kitab kuning; 2) Pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren As-Syafi’iyah Sukorejo-Bangsalsari yaitu pembiasaan dimana santri wajib mengikuti kegiatan secara terus menerus sehingga menjadi sebuah karakter yang baik, para ustad dan ustdzah mencontohkan langsung dengan dirinya sendiri misalnya, ustad/ustadzah selalu datang tepat waktu ke masjid saat memasuki waktu salat, adanya tata tertib pesantren dan berlakunya ta’zir (hukuman) bagi santri yang melanggar tata tertib pesantren.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laila Tul Hasanah
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:55
Last Modified: 14 Oct 2022 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13696

Actions (login required)

View Item View Item