UTOMO, CAHYO FARABISIN (2019) Pembinaan Pendidikan Karakter Religius Siswa Melalui Sistem Full Day School di SD Al-Baitul Amien. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
CAHYO FARABISIN UTOMO_084 121 380.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
Abstract
Full Day School adalah salah satu program unggulan yang dirintis oleh beberapa sekolah di Indonesia. Program ini merupakan sebuah model pendidikan alternatif, dimana peserta didik sehari penuh berada di sekolah untuk melakukan proses pembelajaran dan beribadah. Dengan tersedianya waktu yang cukup lama di sekolah peserta didik perlahan-lahan akan terbiasa dengan kehidupan yang mandiri, dan menumbuhkan sikap kebersamaan dan kesadaran beribadah serta sikap religius lainnya yang dapat menjadikan peserta didik menjadi lebih baik. Program tersebut dapat di gunakan untuk membentuk karakter religius peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1), Bagaimana pelaksanaan dalam pembinaan pendidikan karakter religius siswa melalui sistem full day school di SD Al Baitul Amien? (2), Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan pendidikan karakter religius siswa melalui sistem full day school di SD Al Baitul Amien?. Tujuan penelitian ini yaitu : (1), mendeskripsikan Bagaimana pelaksanaan dalam pembinaan pendidikan karakter religius siswa melalui sistem full day school di SD Al Baitul Amien. (2). Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan pendidikan karakter religius siswa melalui sistem full day school di SD Al Baitul Amien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitianya field reseach. Lokasi penelitian ini di SD Al-Baitul Amien jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisi data menggunakan : data reduction, data display, dan veryfication, keabsahan data menggunakan : teknik triangulasi sumber. Temuan penelitian ini yaitu : (1) pembinaan pendidikan karakter religius siswa melalui sistem full day school di SD Al-Baitul Amien pada salah satu aspek karakter religius yaitu kesopanan perilaku positif lebih dikenal dengan santun yang dapat diimplementasikan pada cara berbicara, cara berpakaian, cara memperlakukan orang lain, cara mengekspresikan diri dimanapun dan kapan pun. Santun yang tercermin dalam perilaku bangsa Indonesia ini tidak tumbuh dengan sendirinya namu juga merupakan suatu proses yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah bangsa yang luhur. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan dalam pembinaan karakter religius siswa melalui sistem full day school menanamkan pendidikan karekter dan proses terlaksananya full day school SD Al-Baitul Amien ini sejak tahun 1997 hingga sekarang bukan tanpa ada kendala dan berjalan mulus tanpa ada halangan apapun dalam pelaksanaanya, akan tetapi didalam halangan ataupun kendala bahkan penghambat sitem full day school ini ada beberapa faktor pendukungnya guna lancar dan suksesnya sistem full day yang terlaksana di sd al-baitul amien jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 06:59 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 06:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13699 |
Actions (login required)
View Item |