KHOIROH, ILMA NAFIATUL (2019) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII D Melalui Strategi Joyfull Learning Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ambulu Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
ILMA NAFIATUL KHOIROH_T20151216.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik yang menciptakan proses interaksi antara peserta didik, pendidik dengan peserta didik dan dengan sumber belajar. Salah satu prinsip belajar yang harus dijadikan pegangan di dalam pelaksanaan kegiatan belajar yaitu aktivitas belajar siswa. Belajar itu adalah aktivitas. Bila pikiran dan perasaan siswa tidak terlibat aktif dalam situasi pembelajaran, pada hakikatnya siswa tersebut tidak belajar. Oleh sebab itu, penggunaan Strategi, metode dan media yang bervariasi dapat merangsang siswa untuk lebih aktif belajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana pengorganisasian isi materi pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII D melalui Strategi Joyfull Learning di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ambulu Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana penyampaian isi materi pendidikan agama Islam kelas VIII D melalui Strategi Joyfull Learning di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ambulu Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana pengelolaan isi materi pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII D melalui Strategi Joyfull Learning di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ambulu Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan pengorganisasian isi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII D melalui Strategi Joyfull Learning di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ambulu tahun pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mendiskripsikan penyampaian isi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII D melalui Strategi Joyfull Learning di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ambulu tahun pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mendiskripsikan pengelolaan isi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII D melalui Strategi Joyfull Learning di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ambulu tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, jenis data yang didapatkan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang digunakan yakni Field Research. Lokasi penelitian yang dipilih yakni SMP Negeri 1 Ambulu. Subjek penelitian yang digunakan yakni Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi non partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencangkup 3 tahapan yakni, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Pengorganisasian isi materi pembelajaran yaitu dengan cara mengurutkan dan mensintesis isi materi pembelajaran yang akan disampaikan 2) Penyampaian isi materi pembelajaran yakni dengan menyampaikan isi materi Iman Kepada Kitabkitab Allah yang sebelumnya sudah diurutkan dan disintesis dengan menggunakan media pembelajaran yang sudah disiapkan sehinggga dapat merangsang peserta didik untuk bertanya dengan cara membagi peserta didik kedalam kelompok kecil yang kemudian diberikan lembar kerja Word Square untuk dikerjakan secara bersama-sama. 3) Pengelolaan isi materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni berkaitan dengan metode tersebut diterapkan dalam pembelajaran ketika pada saat penyampaian isi materi pembelajaran, kemudian hasil belajar bisa dilihat dari keaktifan peserta didik pada saat proses pembelajaran dan tahapan akhir yakni rapotan. Pemberian motivasi diberikan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan menimbulkan daya tarik peserta didik. Pendidik juga memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih sendiri komponen yang akan digunakan sesuai dengan karakteristik individual dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 02:46 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 02:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13779 |
Actions (login required)
View Item |