Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Jalasah Ruhiyah dan Mabit di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Jannah, Faridatul (2019) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Jalasah Ruhiyah dan Mabit di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Faridatul Jannah_084141093.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang adanya kegiatan ini karena terjadinya degralasi moral yang cukup segnifikan, moral remaja saat ini mengalami penurunan yang sangat drastis, sehingga sekolah ini mempunyai tanggungjawab bagaimana membentengi agar peserta didik tidak mudah terjerumus dari pergaulan bebas. Sebelum kegiatan ini rutin di laksanakan, sikap peserta didik mengalami kemunduran, ini dapat terlihat dari sikap peserta didik yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama antara lain: peserta didik sering lalai melaksanakan kewajibannya kepada Allah SWT terutama shalat, mengucapkan kata-kata kasar atau jorok dalam bergaul dengan temannya, pada saat bertemu dengan guru enggan mengucapkan salam terutama dengan guru yang tidak mengajar di kelasnya, kurang solidaritas dan kurang peduli dengan sesama, tidak mau berbagi dan kurang bersemangat dalam belajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1.Bagaimana penanaman nilai aqidah melalui kegiatan jalasah ruhiyah dan mabit di SMPIT Al-Ghozali Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2.Bagaimana penanaman nilai syariah melalui kegiatan jalasah ruhiyah dan mabit di SMPIT Al-Ghozali Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3.Bagaimana penanaman nilai akhlak melalui kegiatan jalasah ruhiyah dan mabit di SMPIT Al-Ghozali Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1.Mendeskripsikan penanaman nilai aqidah melalui kegiatan jalasah ruhiyah dan mabit di SMPIT Al-Ghozali Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2.Mendeskripsikan penanaman nilai syari’ah melalui kegiatan jalasah ruhiyah dan mabit di SMPIT Al-Ghozali Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.3.Mendeskripsikan penanaman nilai akhlak melalui kegiatan jalasah ruhiyah dan mabit di SMPIT Al-Ghozali Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian ini dilakukan dengan menggunkan Purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Hubermen meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah:1. Penanaman nilai aqidah yakni dengan meyakini adanya Allah, oleh karena itu sebagai wujud keyakinan kita kepada Allah SWT melaksanakan perintahnya seperti melaksanakan sholat, membaca dan menghafal Al-Qur’an, muhasabah diri, memberikan kajian materi keagamaan, pembiasaan shalat tahajud, dan berdzikir yang dilakukan pada kegiatan berlangsung. 2. Penanaman nilai syariah yakni melalui shalat wajib, shalat sunnah rawatib, shalat tahajjud dan peserta didik tidak diperbolehkan berkumpul menjadi satu. Maka dari itu tempat dan waktu pelaksanaannya berbeda, serta berpakaian syar’i sesuai dengan syariah Islam khusus untuk peserta didik perempuan. 3. Penanaman nilai akhlak yaitu dengan khusyu’ ketika melaksanakan shalat wajib dan sunnah serta berdo’a dan berdzikir dengan khusyu’ ketika selesai shalat dan selesai kegiatan, saling tolong-menolong, menghormati yang lebih tua serta mematuhi pembina, dan membersihkan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:49
Last Modified: 21 Oct 2022 00:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13785

Actions (login required)

View Item View Item