IKHWAN NUDIN, MUCHAMMAD (2019) Upaya Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Meningkatkan Kualitas Pendidik (Studi terhadap LPPTKA di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
MUCHAMMAD IKHWAN NUDIN_084141229.pdf - Submitted Version Download (13MB) |
Abstract
Lembaga Pendidikan Non Formal (PNF) merupakan jalur pendidikan yang diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Keberadaan pendidikan non formal sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, hal ini tidak terlepas dari tujuan pendidikan non formal itu sendiri yaitu mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional, serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Bagi lembaga non formal yaitu Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Quran (LPPTKA) di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember merupakan pelengkap atau penambah dalam meningkatkan kualitas pendidik dalam pengajaranya. Di mana yang dimaksud kualitas di sini antara lain mengenai kualitasprofesional pendidik, kualitas kepribadian pendidik dan kualitassosial pendidik. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan kualitas profesional pendidik (Studi terhadap LPPTKA di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember)?. 2) Bagaimana upaya lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan kualitas kepribadian pendidik (Studi terhadap LPPTKA di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember)?. 3) Bagaimana upaya lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan kualitas sosial pendidik (Studi terhadap LPPTKA di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember)?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bagaimana upaya lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan kualitas profesional pendidik (Studi terhadap LPPTKA di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember). 2) Mendeskripsikan bagaimana upaya lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan kualitas kepribadian pendidik (Studi terhadap LPPTKA di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember). 3) Mendeskripsikan bagaimana upaya lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan kualitas sosial pendidik (Studi terhadap LPPTKA di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan subjek penelitian menggunakan purposivedan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Bahwa upaya lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan kualitas profesional pendidik (Studi terhadap LPPTKA di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember) dengan mengadakan workshop dan diklat, dan mengadakan pembinaan dengan memberikan materi-materi tentang Al-Quran seperti materi tajwid, tahsinul qira’ah, tahsinul kitabah, dan lain-lain. 2) Bahwa upaya lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan kualitas kepribadian pendidik (Studi terhadap LPPTKA di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember) dengan mengadakan pembinaan melalui kegiatan diklat dan pembinaan dengan memberikan keteladanan. 3) Bahwa upaya lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan kualitas sosial pendidik (Studi terhadap LPPTKA di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember) dengan mengadakan pertemuan rutin setiap sebulan sekali, halal bi halal, dan studi banding (Rihlah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 00:47 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 00:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13794 |
Actions (login required)
View Item |