Pengelolaan Tanah Kas Desa Perspektif Peraturan Menteri Dalam Negeri No 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa Dan Hukum Islam (Studi Kasus Desa Suko Jember Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember).

BUSRO, MOH. (2019) Pengelolaan Tanah Kas Desa Perspektif Peraturan Menteri Dalam Negeri No 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa Dan Hukum Islam (Studi Kasus Desa Suko Jember Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MOH. BUSRO_083 142 081.pdf - Submitted Version

Download (21MB)

Abstract

Pengelolaan tanah kas desa di Desa Suko Jember yang dilakukan oleh kepala desa menggunakan sistem pengelolaan dengan sewa, gadai, dan kerjasama bagi hasil. Sedangkan didalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa disebutkan proses atau cara pengelolaan tanah kas desa secara benar. Dalam hukum islam sendiri juga di atur tentang proses atau cara pengelolaan dengan menggunakan akad-akad yang dibenarkan oleh syariat islam. Kurangnya kordinasi antara pejabat Desa dengan masyarakat, sehingga masih terjadi ketidakpastian informasi mengenai pelaksanaan pengelolaan tanah kas desa. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan tanah kas desa di Desa Suko Jember Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pengelolaan tanah kas desa di Desa Suko Jember Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Perspektif Peraturan Menteri Dalam Negeri No 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa? 3) Bagaimana pengelolaan tanah kas desa di Desa Suko Jember Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Perspekif Hukum Islam? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pengelolaan tanah kas desa di Desa Suko Jember Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan pengelolaan tanah kas desa di Desa Suko Jember Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Perspektif Peraturan Menteri Dalam Negeri No 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa. 3) Mendeskripsikan pengelolaan tanah kas desa di Desa Suko Jember Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Perspektif Hukum Islam. Metode yang dipakai adalah pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan dimasyarakat. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengelolaan tanah kas desa di Desa Suko Jember ini dilakukan dengan sistem sewa dan gadai, dimana dalam pengelolaan tersebut masih belum sesuai dengan ketentuan peraturan-peraturan yang ada. 2) Pelaksanaan pengelolaan tanah kas desa di Desa Suko Jember belum memenuhi unsur-unsur kesesuaian dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa. 3) Pengelolaan tanah kas desa di Desa Suko Jember Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember dalam Hukum Islam yaitu menggunakan akad ijarah dan rahn. Dimana dalam ijarah tersebut belum sepenuhnya memenuhi syarat karena masih ada uzur yang dapat membatalkan akad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:08
Last Modified: 24 Oct 2022 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13903

Actions (login required)

View Item View Item