Implementasi Strategi Crossword Puzzle Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V-A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Ainul Yakin, Muhamad (2019) Implementasi Strategi Crossword Puzzle Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V-A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Muhamad Ainul Yakin_T20154036.pdf - Submitted Version

Download (49MB)

Abstract

Pembelajaran tematik yang dilaksanakan di sekolah tingkat dasar khususnya dimadrasah ibtidaiyah sebagaimana hasil observasi peneliti masih adanya beberapa kendala dan permasalahan yang terkait dengan penggunaan metode dan strategi pembelajaran. salah satu permasalahan tersebut adalah masih adanya pembelajaran metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan yang dilakukan oleh beberapa guru di Madarasah Ibtidaiyah, khususnya di MIN 6 Jember. Akan tetapi ada salah satu guru kelas V-A yang mengajar di MIN 6 Jember mempunyai inisiatif sendiri untuk mengubah pembelajaran yang cenderung membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dengan cara memakai strategi crossword puzzle. Strategi ini melibatkan partisipasi peserta didik sejak kegiatan pembelajaran dimulai. Dengan ini peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar bisa maksimal. Fokus penelitian skripsi ini meliputi: (1) Bagaimana Perencanaan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas V-A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun 2018/2019?, (2) Bagaimana Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas V-A di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 6 Jember Tahun 2018/2019?, (3) Bagaimana Evaluasi Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas V-A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) subjek penelitian yang dipilih dengan cara purposive adapun teknik penggumpulan datanya menggunakan 3 teknik yaitu : observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles And Hubermen dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini: 1) Proses perencanaan strategi Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Tematik yaitu meliputi: (a) Materi yang cocok menggunakan strategi Crossword Puzzle adalah materi yang berhubungan dengan konsep; (b) Perencanaan tujuan pembelajaran bisa tercapai jika guru menyiapkan bahan-bahan dan materi yang diajarkan besoknya; (c) Perencanaan media meliputi menyiapkan bahan-bahan crossword puzzle, mempertimbangkan media dan peserta didik, dan menyiapkan reward. 2) Pelaksanaan strategi Crossword Puzzle dalam pembelajaran tematik yaitu: a) Penyampaian materi pada pelaksanaan strategi Crossword Puzzle sesuai dengan RPP yang yang dibuat oleh guru sebelum mengajar; b) Pelaksanaan Crossword Puzzle memilki tujuan tercapainya pembelajaran yang efektif dan inovatif ketika guru mengajar di kelas; c) Penggunaan media Crossword Puzzle menggunakan kertas manila yang dibuat secara kreatif oleh gurunya. 3) Evaluasi strategi crossword puzzle dalam pembelajaran tematik yaitu: a) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle adalah evaluasi harian dalam bentuk tes dan non tes. (b)Evaluasi dalam bentuk tes meliputi penilaian individu dan penilaian kelompok, (c)Evaluasi dalam bentuk non tes meliputi penilaian sikap, sifat sosial, tingkah laku peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:28
Last Modified: 25 Oct 2022 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13946

Actions (login required)

View Item View Item