Implementasi Metode Role Playing pada pembelajaran tematik kelas IV di MI darul Ulum Sukorambi jember tahun pelajaran 2018/2019

UDDIN, ILMAN (2019) Implementasi Metode Role Playing pada pembelajaran tematik kelas IV di MI darul Ulum Sukorambi jember tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ILMANUDDIN_084144029.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa hanya menerima mata pelajaran secara pasif pembelajaran yang seperti ini mengakibatkan siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran tematik, proses pembelajaran yaitu kurang maksimal pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan sehingga peserta didik kurang menarik dengan pembelajaran dan metode yang sebelumnya, Sehingga berpengaruh kepada pemahaman siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana Perencanaan metode Rol Playing pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2). Bagaimana Pelaksanaan metode Rol Playing pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3). Bagaimna evalusai Metode Role Playing pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember tahun pelajaran 2018/2019? Dan tujuan dari penelitian tersebut yaitu: 1). Mendeskripsikan perencanaan metode Rol Playing pada pembelajaran tematik di MI Darul Ulum Sukorambi jember tahun pelajaran 2018/2019. 2). Mendeskripsikan Pelaksanaan metode Rol Playing pada pembelajaran tematik di MI Darul Ulum Sukorambi jember tahun pelajaran 2018/2019 3). Mendeskripsikan Evalusai Metode Role Playing pada pembelajaran tematik di MI Darul Ulum Sukorambi jember tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan jenis penelitian Study kasus Penentuan subyek penelitian menggunakan Purposive Sampling. Sedangkan tehnik yang digunakan untuk pengumpulan data dengan Observas, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan Reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi tekhnik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Perencanaan metode Role Playing pada pembelajaran tematik di kelas IV yaitu : dengan menyusun Program tahunan, program semester, silabus dan RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Akan tetapi dikembangkan dalam RPP dengan menggunakan metode Role Playing sehingga setiap siswa dapat memahami materi yang telah dipelajarinya. 2. pelaksanaan metode Role Playing pada pembelajaran tematik di kelas IV yaitu : guru memberikan skenario pada tiap kelompok kepada semua siswa, guru membagi tiap kelompok yang terdiri dari 5 anggota siswa, guru membagikan peran tiap kelompok yang berbeda tiap siswa, guru memberikan waktu latihan sebelum pelaksanaan metode bermain peran, guru memilih secara acak tiap kelompok untuk mempraktekkan didepan kelas secara bergantian, kelompok yang mempraktekkan didepan kelas dan audiens memperhatikan, mengamati dan menilai kelompok temannya sendiri yang mempraktekkan di depan kelas, guru memberikan kesimpulan secara umum. 3. Evaluasi metode Role Playing pada pembelajaran tematik di kelas IV yaitu : evaluasi proses dan evaluasi hasil, siswa lebih memahami dan mengerti dari proses dapat menanamkan karakter siswa siswa dalam kehidupan sehari-hari, menumbuhkan sikap menghargai dan tolong menolong, serta dapat menerima segala apa yang telah dijalaninya. Sedangkan evaluasi hasil bisa dilihat dari nilai tugas, ulangan dan ujian semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:43
Last Modified: 26 Oct 2022 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14023

Actions (login required)

View Item View Item