Khoirotun Nisa, Yusnia (2019) Implementasi Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) Pada Pembelajaran tematik Kelas 1 B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Yusnia Khoirotun Nisa_T20154032.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Lembaga Pendidikan Dasar khususnya Madrasah Ibtidaiyah (MI) merupakan jenjang di mana anak masih gemar belajar dan bermain. Di dalam suatu kelas tentunya gaya belajar dari setiap siswa akan berbeda-beda. Hal inilah yang menjadikan suatu tantangan bagi guru Madrasah Ibtidaiyah untuk selalu melakukan inovasi pada pembelajarannya di dalam kelas. Adapun yang terjadi di kelas 1-B MIN 06 Jember, dimana hampir keseluruhan siswa adalah anak yang hiperaktif. Mereka masih gemar bermain dan jarang memperhatikan guru. Karena gaya belajar mereka berbeda-beda, sehingga mereka merasa pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan model yang monoton menjadi tidak menarik. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI). Hal ini sebagaimana yang diterapkan oleh guru kelas 1-B menerapkan model SAVI pada pembelajaran tematik pada tema-tema tertentu. Model SAVI di terapkan karena dengan model pembelajaran ini siswa dapat belajar dengan mengaktifkan seluruh alat indera mereka. Sehingga pembelajaran tematik yang mereka dapatkan menjadi lebih bermakna. Fokus yang dikaji pada penelitian ini yaitu. 1) Bagaimana perencanaan model Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) pada pembelajaran tematik kelas 1b? 2) Bagaimana pelaksanaan model Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) pada pembelajaran tematik kelas 1b? 3) Bagaimana evaluasi model Somatic, Auditory, Visual, Intelectual pada pembelajaran tematik kelas 1b? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model SAVI pada pembelajaran tematik kelas 1 B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang dilakukan pada penelititan ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis case study. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan purposive. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1. Perencanaan model SAVI pada pembelajaran tematik adalah a) guru menyusun perangkat pembelajaran, b) guru menyusun RPP yang akan diterapkan dengan menggunakan model SAVI, c) Guru menyusun materi ajar yang dapat diterapkan dengan model SAVI, d) Menyiapkan media pembelajaran. 2. Pelaksanaan model SAVI pada pembelajaran tematik di kelas 1 B dilakukan dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran yakni permainan, cooperative learning, penugasan, tanya jawab, dan ceramah. a) Kegiatan awal yang terdiri dari kegiatan apersepsi, dan menyingkirkan hambatan-hambatan belajar siswa b) kegiatan inti yang didalamnya terkait dengan proses pembelajaran dengan model SAVI, c) Kegiatan akhir yang meliputi kegiatan penutup yang berisi pemberian kesimpulan tentang apa yang telah di pelajari 3. Evaluasi model SAVI pada pembelajaran tematik di kelas 1 B dilakukan dengan menilai tiga aspek yakni, a) aspek afektif (yang mencakup sikap dan minat), b) kognitif (yang mencakup pengetahuan, pemahaman, dan penerapan), dan c) psikomotorik (yang mencakup keterampilan).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 02:43 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 02:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14030 |
Actions (login required)
View Item |