Krisdianti, Arik (2019) Strategi Pengembangan Dira Kencong Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif Pariwisata Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Arik Krisdianti_E20152136.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
Abstract
Strategi Pengembangan Dira Kencong Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif Pariwisata DPembangunan Dira Kencong bisa dikatakan baru namun Dira Kencong harus mampu bersaing dengan yang lainnya. Melihat kondisi saat ini bahwa dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat baik karena pesaing yang semakin bertambah, volume produk yang meningkat, maupun perkembangan teknologi yang pesat, menjadikan sebuah tantangan bagi Dira Kencong maka dari itu perlu menerapkan strategi yang lebih tepat untuk mengembangkan usaha agar bisa memenangkan persaingan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana strategi pengembangan pada Dira Kencong di Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana Dira Kencong dalam mencapai keunggulan kompetitif Pariwisata di Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pengembangan pada Dira Kencong di Kabupaten Jember, 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Dira Kencong dalam mencapai keunggulan kompetitif Pariwisata di Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian menggunakan descriptive research (penelitian deskriptif). Lokasi penelitian di Jalan Krakatau No.93 Desa/Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pengembangan Dira Kencong di Kabupaten Jember dalam beberapa aspek yaitu Wisatawan (Tourist), meliputi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Transportasi, Dira Kencong belum ada transportasi untuk wisatawan. Atraksi/Obyek Wisata, berenang, berbelanja, foto selfi, kuliner, dan bermain di wahana-wahana. Fasilitas Pelayanan, seperti akomodasi (Dira Cafe, Dira Shopping Center, Dira Hotel, tempat hiburan (Dira Hall dengan life music di hari weekend), Pos Kemanan, Tempat Parkir, Mushola, dan sarana kebersihan (tempat sampah). Informasi dan Promosi, menggunakan banner atau baliho, media sosial yaitu Facebook: Dira Kencong dan Instagram: @dirakencongshoppingcentre. 2) Dira Kencong dalam mencapai keunggulan kompetitif Pariwisata di Kabupaten Jember yaitu menggunakan strategi Diferensiasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 07:09 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 07:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14059 |
Actions (login required)
View Item |