Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah KPR Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Bondowoso A Yani)

NURTIANA, TIA (2022) Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah KPR Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Bondowoso A Yani). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI NURTIANA 2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurtiana, 2022: Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah KPR Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Bondowoso A Yani).

Kata Kunci: Produk, Promosi, Harga, Tempat, Proses dan Kepuasan Nasabah

Dalam dunia perbankan, kegiatan pemasaran menjadi syarat utama. Hal ini dikarenakan strategi pemasaran yang baik akan menghasilkan keuntungan persaingan yang baik pula. Pada tahun 2020-2022 munculnya pandemi Covid-19 mengakibatkan perekonomian masyarakat menurun, hal ini juga ikut berdampak pada Bank BSI, dimana dampak yang dirasakan BSI yaitu penurunan minat masyarakat terhadap produk perbankan salah satunya produk KPR. Melihat dari dampak yang di alami bank pada masa pandemi, maka sektor perbankan khususnya BSI KCP Bondowoso A Yani harus tepat dan jeli dalam menentukan strategi pemasaran apalagi di masa pandemi, agar strategi yang digunakan dapat berjalan dengan lancar serta dapat memberikan kepuasan terhadap nasabah sehingga mampu meningkatkan jumlah nasabah meskipun di era pandemi.
Berdasarkan latar belakang diatas. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apakah Produk berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah? 2) apakah Promosi berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah? 3) apakah Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah? 4) apakah Tempat berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah? 5) apakah Proses berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah ?.
Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui pengaruh Produk terhadap Kepuasan Nasabah, 2) Mengetahui pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Nasabah, 3) Mengetahui pengaruh Harga terhadap Kepuasan Nasabah, 4) Mengetahui pengaruh Tempat terhadap Kepuasan Nasabah, 5) Mengetahui pengaruh Proses terhadap Kepuasan Nasabah.
Metode Penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif. Tehnik pengumpulan data dengan menyebarkan koesioner. Dalam pengambilan sempel menggunakan Accidental Sampling dan jumlah sempel sebanyak 75 responden menggunakan cara yang dirumuskan oleh Hair at.al. Analisis data yang digunakan ialah Uji Instrumen Data, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis Penelitian serta Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk (X1) dan tempat (X4) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Nasabah. Sedangkan untuk Promosi (X2), Harga (X3) dan Proses (X5) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Nasabah. Sedangkan untuk secara simultan produk, promosi, harga, tempat dan proses berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah KPR BSI KCP Bondowoso A Yani. Sehingga dapat diartikan bahwa strategi pemasaran terutama variabel promosi, harga dan proses lebih ditingkatkan lagi guna untuk mempengaruhi kepuasan nasabah.

ABSTRACT

Nurtiana, 2022: The Influence of Marketing Strategy on Mortgage Customer
Satisfaction During the Covid-19 Pandemi (Case Study of Indonesian Shariah Bank KCP Bondowoso A Yani).

Keywords: Product, Promotion, Price, Place, Process and Customer Satisfaction

In the banking world, marketing activities are the main requirement. This is because a good marketing strategy will produce a good competitive advantage as well. In 2020-2022 the emergence of the Covid-19 pandemi caused the community's economy to decline, this also had an impact on BSI Bank, where the impact felt by BSI was a decrease in public interest in banking products, one of which was KPR products. Judging from the impact experienced by banks during the pandemi, the banking sector, especially BSI KCP Bondowoso A Yani, must be precise and observant in determining marketing strategies, especially during the pandemi, so that the strategies used can run smoothly and can provide satisfaction to customers so as to increase customer satisfaction. the number of customers even in the pandemi era.
Based on the above background. So the formulation of the problem in this study are: 1) does the product affect customer satisfaction? 2) Does Promotion affect Customer Satisfaction? 3) does price affect customer satisfaction? 4) Does Place affect Customer Satisfaction? 5) Does the process affect customer satisfaction?.
This study aims to 1) determine the effect of product on customer satisfaction, 2) determine the effect of promotion on customer satisfaction, 3) determine the effect of price on customer satisfaction, 4) determine the effect of place on customer satisfaction, 5) determine the effect of process on customer satisfaction.
The research method used is the quantitative method. Data collection techniques by distributing questionnaires. In taking the sample using Accidental Sampling and the number of samples as many as 75 respondents using the method formulated by Hair at.al. The data analysis used is Data Instrumen Test, Classical Assumption Test and Research Hypothesis Test and Multiple Linear Regression Analysis.
The results of this study indicate that the product (X1) and place (X4) have no partially significant effect on customer satisfaction. Promotion (X2), Price (X3) and Process (X5) have a partially significant effect on Customer Satisfaction. Meanwhile, simultaneously product, promotion, price, place and process have a significant effect on KPR BSI KCP Bondowoso A Yani KPR Customer Satisfaction. So that it can be interpreted that the marketing strategy, especially the promotion, price and process variables, is futher improved again in order to increase customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: miss Nurtiana Tiana
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:42
Last Modified: 27 Oct 2022 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item View Item