Rolita, Abet (2020) Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Origami Pada Kelompok B Di Raudhatul Athfal Al-Alawiyah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Abet Rolita_T20165103.pdf Download (2MB) |
Abstract
Salah satu dari berbagai kemampuan anak yang perlu ditingkatkan yaitu menyangkut kemampuan motorik halus anak. Kemampuan dasar ini perlu ditanamkan kepada anak sejak dini sebagai bekal kelak saat anak mulai memasuki ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Minimnya keterampilan gerak akan menyebabkan rasa rendah diri dan sikap pasif dalam pergaulan. Oleh karena itu, anak harus diajarkan memiliki keterampilan gerak sejak usia dini, yang bisa didapat dari stimulus yang diberikan oleh guru melalui kegiatan belajar dan bermain Origami. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya peningkatan kemampuan motorik halus aspek menggunting melalui permainan origami pada kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Alawiyah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana upaya peningkatan kemampuan motorik halus aspek menempel melalui permainan origami pada kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Alawiyah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana upaya peningkatan kemampuan motorik halus aspek melipat melalui permainan origami pada kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Alawiyah Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Al- Alawiyah Sukorambi Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi non partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) Upaya peningkatan kemampuan motorik halus aspek menggunting melalui permainan origami pada kelompok B di Raudhatul Athfal Al- Alawiyah Sukorambi Jember dilakukan dengan mendesain lingkungan belajar menjadi kegiatan bermain yang menyenangkan bagi psikologis anak didik. Tahap kegiatan menggunting disesuaikan dengan tema pembelajaran, dimana pada tahap ini anak didik dilatih untuk mampu mengkoordinasikan antara ketelitian mata dan kelincahan otot jari anak dalam menggunting sesuai pola yang dibuat. 2) Upaya peningkatan kemampuan motorik halus aspek menempel melalui permainan origami pada kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Alawiyah Sukorambi Jember dilakukan dengan melatih anak menguasai ketelitian, kesabaran, dan kelincahan gerakan tangan dalam membuat pola tempelan yang baik dan rapi. Dimana ada hubungan yang saling mempengaruhi antara ketelitian, kesabaran, kemandirian, dan kerapian anak dalam melakukan kegiatan menempel guna menghasilkan suatu karya yang baik. 3) Upaya peningkatan kemampuan motorik halus aspek melipat melalui permainan origami pada kelompok B di Raudhatul Athfal Al- Alawiyah Sukorambi Jember tahun pelajaran 2019/2020 dilakukan dengan cara melibatkan anak untuk mempraktekkan secara langsung apa yang dilihatnya. Kegiatan praktek tersebut dilakukan agar dalam melipat origami, anak dapat menemukan pola-pola baru yang menarik yang sesuai dengan imajinasinya, serta mampu menghasilkan sesuatu yang lebih baru dari produk yang sudah ada sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 02:04 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 02:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1409 |
Actions (login required)
View Item |