ALFANDIKRY, IZZAD (2019) Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Islam dalam Sholawatan Al-Ghofilin Di Pondok Pesantren Nurul Islam Ponjogati Bondowoso Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
IZZAD ALFANDIKRY_T20151119.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Percepatan teknologi sekarang sangat pesat. Internet merupakan cikal bakal terjadinya gloalisasi. Di tengah arus globalisasi masyarakat harus mampu mengatasi berbagai permasalahan. terutama yang terkait dengan nilai-nilai keislaman yang ada di masyarakat yakni nilai akidah, akhlaq, ibadah . sholawatan merupakan pendidikan non formal yang diharapkan mampu memberikan wawasan yang untuk menjalankan nilai-nilai keislaman dengan baik. Fokus penelitian yang di kaji dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana Penanaman nilai-nilai akidah dalam Sholawatan Al-Ghofilin di Pondok Pesantren Nurul Islam Ponjogati Bondowoso ?. 2) Bagaimana Penanaman nilai-nilai akhlaq dalam Sholawatan Al-Ghofilin di Pondok Pesantren Nurul Islam Ponjogati Bondowoso ? 3). Bagaimana Penanaman nilai-nilai ibadah dalam Sholawatan Al- Ghofilin di Pondok Pesantren Nurul Islam Ponjogati Bondowoso ? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran Sholawatan Al- Ghofilin dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Akidah, Akhlaq, dan Ibadah, generasi milenial di pondok pesantren Nurul Islam Ponjogati Bondowoso. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara bebas terpimpin, observasi partisipan dan non partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulaisi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penanaman nilai-nilai akidah dalam Sholawatan Al-Ghofilin di Pondok Pesantren Nurul Islam Ponjogati Bondowoso yaitu : a) Selalu mengajak para santri untuk mengingat kematian, b) Dalam Syairsyair yang di lantunkan bermaakna mengesakan Allah serta memuji-muji Rosulullah SAW. c) Membaca ayat ayat al-Qur’an. 2) Penanaman nilai-nilai akhlaq dalam Sholawatan Al-Ghofilin di Pondok Pesantren Nurul Islam Ponjogati Bondowoso yaitu : a) Para jamaah bersalaman terlebih dahulu sebelum duduk di tempat yang telah di sediakan b) Tidak diperbolehkan membawa atribut seperti bendera dan semisalnya supaya dapat menjaga kekhusu’an bersholawat c) Dalam ceramah agama yang disampaikan menerangkan pentingnya Akhlaq kepada orang tua dan guru. d) Jika para guru telah hadir maka para jamaah bersalaman dengan membungkukkan sedikit badannya sebagai bentuk rasa takdim. 3) Penanaman nilai-nilai Ibadah dalam Sholawatan Al-Ghofilin di Pondok Pesantren Nurul Islam Ponjogati Bondowoso yaitu yaitu : a) membaca ayat suci Al-Qur’an. . b) membiasakan istiqomah Sholawat tiap malam Jumat . c) Terdapat sedekah dari tuan rumah yang diberikan kepada seluruh jamaah yang datang. d) Terdapat sedekah di akhir acara yang diberasal dari jamaah yang memiliki kelebihan rezeki. Kata kunci : peran sholawatan dan nilai-nilai pendidikan islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 03:05 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 03:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14118 |
Actions (login required)
View Item |