Ussyarifah, Ita (0026) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS HUMANIS RELIGIUS PADA SISWA ANAK JALANAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq Jember.
Text
SKRIPSI ITA USSYARIFAH T20181378watermak.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI ITA USSYARIFAH T20181378-4.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ita Ussyarifah, 2022 : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Humanis
Religius pada Siswa Anak Jalanan di Sekolah Menengah Pertama Islam Bustanul
Ulum Pakusari Kabupaten Jember
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Humanis Religius, Siswa Anak Jalanan.
Pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai suatu proses ikhtiyariyah
mengandung ciri dan watak khusus, yaitu proses penanaman, pengembangan dan
pemantapan nilai-nilai keimanan yang menjadi fundamen mental spiritual manusia
dimana sikap dan tingkah lakunya termanifestasikan menurut kaidah-kaidah
agamanya. Nilai-nilai keimanan seseorang adalah keseluruhan pribadi yang
menyatakan diri dalam bentuk tingkah laku lahiriah dan rohaniah, dalam upaya
menanamkan perilaku keberagamaan terhadap peserta didik siswa anak jalanan, maka
sangat diharapkan kepada setiap lembaga pendidikan untuk memberikan pengaruh
bagi pembentukan jiwa keagamaan pada siswa anak jalanan. Dalam pendidikan perlu
memberikan perhatian dan terlebih penerapan nilai-nilai pembelajaran agama islam
untuk diterapkan sebagai pengembangan keimanan pada seorang siswa anak jalanan.
Fokus penelitian skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pembelajaran pendidikan agama
Islam berbasis humanis religius pada siswa anak jalanan di Sekolah Menengah
Pertama Islam Bustanul Ulum Pakusari Kabupaten Jember? 2) Bagaimana faktor
pendukung dan hambatan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis humanis
religius pada siswa anak jalanan di Sekolah Menengah Pertama Islam Bustanul Ulum
Pakusari Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif,
adapun dengan jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Sedangkan tehknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang dilakukan sesuai teori Miles Huberman yakni: kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis
humanis religius pada siswa anak jalanan di Sekolah Menengah Pertama Islam
Bustanul Ulum Pakusari Kabupaten Jember menerapkan rutinan harian yang terdiri
dari : a.) Kegiatan pola pendamping dan pembinaan siswa anak jalanan, b.) Kegiatan
dalam proses pendamping dalam pelaksanaan pembelajaran, c.) Kegiatan
pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis humanis religius, 2) Faktor Pendukung
dan Hambatan Pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Humanis Religius pada
siswa Anak Jalanan di Sekolah Menengah Pertama Islam Bustanul Ulum Pakusari
Kabupaten Jember menerapkan kegiatan insidentil yang terdiri dari faktor pendukung :
a.) Kegiatan distribusi zakat dan pembagian sembako kepada Fakir miskin, b.)
Kegiatan keteladanan di dalam kelas memakai seragam dengan rapi, c.) proses
pemberian motivasi dan bimbingan kepada peserta didik anak jalanan, faktor
penghambat : a.) Adanya pengaruh negatif dari luar, sehingga penanaman nilai yang
sudah sedemikian rupa di lakukan di sekolah kadangkala menjadi terhambat, adanya
pengaruh lingkungan luar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Depositing User: | Miss Ita Ussyarifah |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 02:59 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 02:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14141 |
Actions (login required)
View Item |