Perlindungan Hukum Terhadap Motif Batik Tembakau Jember Di UD. Pakemsari Perspektif Undang-Undang Republik Indonesia No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Dan Fiqih Muamalah

ARIS ZAINI, MOHAMAD (2019) Perlindungan Hukum Terhadap Motif Batik Tembakau Jember Di UD. Pakemsari Perspektif Undang-Undang Republik Indonesia No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Dan Fiqih Muamalah. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MOHAMAD ARIS ZAINI_083 142 073.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan karya seni khusunya batik bukan hanya terpaku dalam hukum positif saja melainkan bisa dikaji melalui hukum Islam yang menimbulkan akibat konsepsi mengenai kebutuhan perlindungan hukum. Perlindungan hukum adalah segala upaya pemenuhan dan pemberian bantuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Perlindungan hukum bisa diberikan kepada karya seni batik untuk mencegah terjadinya penjiplakan yang dialami oleh UD. Pakemsari Desa Sumberpakem Kec. Sumberjambe Kab. Jember. Maka dengan ini peneiliti sangat tertarik untuk meneliti sebagai tambahan keilmuan terhadap aspek perlindungan hukum. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap motif batik tembakau Jember di UD. Pakemsari perspektif Undang-Undang RI No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta?, 2) Bagaimana perlindungan hukum terhadap motif batik tembakau Jember di UD. Pakemsari perspektif Fiqih Muamalah? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perlindungan hukum terhadap motif batik tembakau Jember di UD. Pakemsari perspektif Undang- Undang RI No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. 2) Mendeskripsikan perlindungan hukum terhadap motif batik tembakau Jember di UD. Pakemsari perspektif Fiqih Muamalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Dilihat dari segi moral dan segi ekonomi yang terdapat dalam UD. Pakemsari mengalami kerugian yang ditimbulkan adanya penjiplakan terhadap motif batik. Batik Jember motif tembakau di UD. Pakemsari ini dalam bentuk perlindungan hukum hak cipta seharusnya memiliki perlindungan yang diberikan oleh Negara pasal 40 ayat (1) UU Hak Cipta tahun 2014 tentang hak cipta. 2) Di dalam Fiqih Muamalah hak kekayaan intelektual yang mendapat perlindungan hukum dipandang sebagai salah satu huquq al-maliyah (harta kekayaan) yang mendapat perlindungan hukum sebagaimana mal (kekayaan), oleh karena itu hak cipta termasuk salah satu milik atau kekayaan yang harus dijaga dengan baik dan didapatkan dengan jalan yang baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:57
Last Modified: 31 Oct 2022 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14237

Actions (login required)

View Item View Item