YAH, INA (2020) Implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
INAYAH_T20161011.pdf - Submitted Version Download (14MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sebagian besar teknik dan suasana pengajaran di Madrasah-madrasah dalam pembelajaran fiqih yang digunakan guru lebih menekankan pada ranah kognitif saja dan mengabaikan ranah afektif dan psikomotorik. Sehingga pada implementasi unit kegiatan belajar mengajar (UKBM) yang memungkinkan tumbuhnya kemandirian dan pengalaman peserta didik untuk terlibat aktif dalam pengguasaan kompetensi secara utuh melalui pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student active), yang mendorong kemampuan berfikir tingkat tinggi. Berdasarkan dengan permasalahan di atas, peneliti berupaya untuk mengungkapkan secara mendalam tentang implementasi unit kegiatan belajar mandiri dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyuwangi dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fikih pada unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih pada unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fikih pada unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field reserach) menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Wawancara 2) Observasi, dan 3) Dokumenasi. Keabsahan data pada penelitian ini ada dua macam: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran fikih pada unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Pada perencanaan pembelajaran fikih yaitu menyusun kalender pendidikan yang mana pada kalender tersebut seorang guru akan lebih mudah mengatur waktu untuk kegiatan pembelajaran dalam satu tahun. Menyusun rencana pekan efektif untuk mengetahui berapa banyak pekan efektif dan tidak efektif dalam satu tahun. Menyusun program tahunan dan program semester, untuk mengetahui kegiatan apa saja yang harus dilaksanakan. Menyusun Silabus dan RPP sesuai dengan prosedur dari pemerintah dengan menggunakan kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan pembelajaran fikih pada unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Pada pelaksanaan pembelajaran fikih ada beberapa tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Di dalamnya guru lebih banyak menerapkan stategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBSA) dan menggunakan metode demostrasi, simulasi, dan diskusi. (3) Evaluasi pembelajaran fikih pada unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Pada evaluasi menggunakan tiga ranah, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam ranah kognitif berupa tes tulis dan tes lisan, dalam ranah afektif berupa sikap dan tingkah laku, dan dalam ranah psikomotorik berupa ujian praktek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 03:13 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 03:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14332 |
Actions (login required)
View Item |