Ngoh, Markan (2019) Strategi Penyampaian Pembelajaran Fiqih Di Ma’had Addirasah Al-Islamiyah Pattani Thailand Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Markan Ngoh_084 131 078.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Strategi penyampaian (delivery strategy) adalah cara-cara yang dipakai untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa, dan sekaligus untuk menerima serta merespon masukan-masukan dari siswa. Dengan demikian, strategi ini juga dapat disebut sebagai strategi untuk melaksanakan proses pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: 1) Media pembelajaran apa yang digunakan dalam mata pelajaran fiqih di Ma’had Addirasah Al-Islamiyah Pattani Thailand, Tahab menengah (mutawassit) tahun pelajaran 2018/2019 ? 2) Bagaimana interaksi siswa dengan media pada mata pelajaran fiqih di Ma’had Addirasah Al- Islamiyah Pattani Thailand, Tahab menengah (mutawassit) tahun pelajaran 2018/2019 ? 3) Bagaimana struktur belajar mengajar pembelajaran fiqih di Ma’had Addirasah Al-Islamiyah Pattani Thailand. Tahab menengah (mutawassit) tahun pelajaran 2018/2019 ? Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan media pembelajaran apa diguna dalam mata pelajaran fiqih di Ma’had Addirasah Al- Islamiyah Pattani Thailand, Tahab menengah (mutawassit) tahun pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana interaksi siswa dengan media pada mata pelajaran fiqih di Ma’had Addirasah Al-Islamiyah Pattani Thailand, Tahab menengah (mutawassit) tahun pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana struktur belajar mengajar pembelajaran fiqih di Ma’had Addirasah Al-Islamiyah Pattani Thailand, Tahab menengah (mutawassit) tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini memggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengupulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan train gulasi teknik. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Media yang digunakan oleh guru dalam proses pembalajaran fiqih adalah Kitab fiqih, Buku cacatan peserta didik, Papan tulis dan Alat praktik fiqih. 2) Interaksi siswa dengan media dalam pembelajaran fiqih adalah berintraksi dengan media berbasis cetakan, berintraksi dengan media berbasis lingkungan dan berintraksi dengan media berbasis manusia. 3) Bentuk (struktur) belajar mengajar dalam pembelajaran fiqih adalah mencakup materi pembahasan, sub materi pembahasan dan metode pembelajaran. Metode yang gunakan dalam proses belajar mengajar fiqih adalah metode ceramah, metode Tanya jawab dan metode hafalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 01:52 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 01:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14380 |
Actions (login required)
View Item |