Pembelajaran Kitab Arba’in Nawawiyah di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah Kalisat Jember.

Megawati, Dyah (2019) Pembelajaran Kitab Arba’in Nawawiyah di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah Kalisat Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Dyah Megawati_T20151166.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Seluruh umat Islam, tanpa kecuali telah sepakat bahwa hadis merupakan salah satu sumber ajaran Islam. Hadis menepati kedudukan yang sangat penting setelah Al-Qur’an. Kewajiban mengikuti hadis sama wajibnya mengikuti Al- Qur’an. Terdapat beberapa hadis yang dipelajari dalam sebuah kitab, salah satunya adalah kitab Arba’in Nawawiyah yang telah diterapkan di Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah Kalisat Jember dengan menggunakan metode Wetonan dan metode Bandongan dalam proses pembelajarannya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pembelajaran Kitab Arba’in Nawawiyah dengan Metode Wetonan di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah Kalisat Jember?, (2) Bagaimana Pembelajaran Kitab Arba’in Nawawiyah dengan Metode Bandongan di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah Kalisat Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Pembelajaran Kitab Arba’in Nawawiyah dengan Metode Wetonan di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah Kalisat Jember. (2) Untuk mendeskripsikan Pembelajaran Kitab Arba’in Nawawiyah dengan Metode BandonganMadrasah Diniyah Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah Kalisat Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian Field Research dengan metode teori dasar. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Kitab Arba’in Nawawiyah dengan Metode Wetonanyaitumenerjemahkan kitab dengan menggunakan bahasa madura dan mengartikan kitab secara per-kalimat dan dilakukan evaluasi dengan tanya jawab dan hafalan. (2) Pembelajaran Kitab Arba’in Nawawiyah dengan Metode Bandonganyaitu dengan menerangkan atau menjelaskan terjemahan yang telah diartikan satu persatu kemudian dilakukan evaluasi dengan tanya jawab dan dan ujian akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:34
Last Modified: 02 Nov 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14385

Actions (login required)

View Item View Item