Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Prodistik dengan Siswa Reguler pada Mata Pelajaran Fiqih Berbasis Multimedia Kelas XI MAN LUMAJANG.

Khoirudin, Muhammad (2019) Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Prodistik dengan Siswa Reguler pada Mata Pelajaran Fiqih Berbasis Multimedia Kelas XI MAN LUMAJANG. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Muhammad Khoirudin_T20151041.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri Lumajang merupakan madrasah yang menawarkan Program setara diploma satu TIK (Prodistik) dengan sistem perkuliahan IT 5 semester bagi siswa. Program ini menjadi program unggulan yang langsung dibina oleh kampus ITS Surabaya. Hal ini dilakukan sebagai wujud empati ditiadakannya mata pelajaran TIK oleh kurikulum 2013. Oleh sebab itu terkait dengan pengintegrasian TIK dalam setiap mata pelajaran, dalam hal ini mata pelajaran Fiqih turut memberikan ruang kepada siswanya untuk pembuatan media pembelajaran berupa Microsoft powerpoint. Semua siswa, baik prodistik maupun reguler bisa belajar dengan memanfaatkan video tutorial di youtube, sehingga mereka mempunyai peluang yang sama dalam hal penguasaan teknologi. Dalam pelaksanaannya dibentuklah kelompok sesuai pembagian jumlah bab pada mata pelajaran Fiqih kemudian media powerpoint tersebut akan menjadi sarana mereka untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Tentunya media yang dihasilkan menjadi beraneka ragam, sesuai kreatifitas dan kepiawaiannya dalam mengolah menu-menu yang terdapat pada microsoft powerpoint. Dengan penyajian media yang beraneka ragam tersebut, akan berdampak terhadap minat belajar siswa yang pada akhirnya berdampak pula kepada hasil belajarnya. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar Fiqih berbasis multimedia antara siswa Prodistik dengan siswa reguler kelas XI MAN Lumajang. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah adakah perbedaan hasil belajar mata pelajaran Fiqih Berbasis multimedia antara Siswa yang ikut Program Setara Diploma Satu TIK dengan Siswa Reguler kelas XI MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar mata pelajaran Fiqih Berbasis multimedia antara Siswa yang ikut Program Setara Diploma Satu TIK dengan Siswa Reguler kelas XI MAN Lumajang Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif menggunakan uji Mann Whitney. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu sampel Populasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan nilai rapor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 sehingga H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara signifikan, ada perbedaan rata-rata hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas XI MAN Lumajang pada siswa prodistik dengan siswa reguler.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:34
Last Modified: 02 Nov 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14388

Actions (login required)

View Item View Item