Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pengukuran Sudut di Kelas IV MIN 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019.

WULANDARI, DWI (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pengukuran Sudut di Kelas IV MIN 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
DWI WULANDARI_T20154021.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Kata kunci: Model Pembelajaran Explicit Instruction, Hasil Belajar Matematika Siswa. Model pembelajaran explicit instruction yaitu model pembelajaran yang dirancang untuk belajar siswa dimana materi diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah. Model pembelajaran explicit instruction adalah model pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi tentang pengukuran sudut dimana materi diajarkan dengan pola bertahap atau selangkah demi selangkah dengan lebih jelas dan lebih rinci. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil belajar Matematika siswa materi pengukuran sudut sebelum dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas IV MIN 1 Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019, (2) Mendeskripsikan hasil belajar Matematika siswa materi pengukuran sudut sesudah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Explicit Instructiondi kelas IV MIN 1 Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019, (3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa materi pengukuran sudut sebelum dan sesudah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas IV MIN 1 Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan rancangan penelitian one grup pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes, pretes untuk mengukur kemampuan awal sebelum diberikan perlakuan dan postes digunakan untuk mengetahu kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah Paired Sample t-test dengan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa sebelum dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction (Pretes) memiliki nilai rata-rata 62,00, (2) Hasil belajar matematika siswa sesudah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction (Postes) memiliki nilai rata-rata 74, (3) Hasil belajar matematika siswa sesudah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi dibandingkan sebelum dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji paired sample t-test pada taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung sebesar 8,624 dan ttabel sebesar 2,145. Dari hasil pengujian yang diperoleh maka ada pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MIN 1 Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019.Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pengukuran Sudut di Kelas IV MIN 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:00
Last Modified: 02 Nov 2022 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14397

Actions (login required)

View Item View Item