Damayanti, Renita (2022) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. (Unpublished)
Text
RENITA FITRIA DAMAYANTI (T20184013).pdf Download (3MB) |
Abstract
Renita Fitria Damayanti, 2022, Penerapan Model Project Based Learning
(PjBL) Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas III di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci: Model Pembelajaran,Project Based Learning, Pelajaran Tematik
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi merupakan sekolah yang terletak di kota banyuwangi dan sekolah yang sudah menerapkan model pembelajaran project based learning di dalam kelas, Berdasarkan hasil observasi dengan guru kelas III, terdapat peserta didik yang kurang aktifnya karena tidak terlibat dalam pembelajaran di dalam kelas. Maka dari itu penerapan model project based learning ini bertujuan agar peserta didik lebih aktif untuk belajar.Penelitian ini memiliki fokus seperti : 1) Bagaimana Pelaksanaan dalam
Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022; 2) Bagaimana Evaluasi dalam Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun
Pelajaran 2021/2022. Sedangkan tujuannya, untuk mengetahui Pelaksanaan dan Evaluasi dalam model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penentuan subyek pada penelitianini meliputi: kepala sekolah, peserta didik kelas III, dan wali kelas III. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interatif dari Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian penerapan model project based learning menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan model project based learning terdapat beberapa tahapan yaitu perencanaan pembelajaran yang meliputi guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran RPP dan silabus, dan guru membuat RPP di sekolah dengan guru-guru lainnya, dengan tujuan agar proses pembelajaran berjalan dengan maksimal, kemudian pada pelaksanaan pembelajaran juga terdapat tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan berupa guru memberikan motivasi, guru
megecek kehadiran peserta didik, dan lain-lain, kedua kegiatan inti meliputi(menentukan pertanyaan, mendesain perencanaan, membuat jadwal,memonitoring peserta didik, menguji hasil, dan mengevaluasi pengalaman), c) dan yang terakhir kegiatan penutup disini guru melakukan refleksi memberikan penguatan agar tak lupa dengan materi yang sudah di berikan, sekaligus memberikan motivasi dan mengumpulkan hasil karya kemudian berdoa bersama sebelum pulang; 2)
Evaluasi model project based learning yaitu penilaian sikap yang berupa spiritual dan sosial, yang kedua penilaian pengetahuan yang berupa tes tulis dan non tulis, yang terakhir penilaian keterampilan yang berupa proses awal membuat proyek sampai akhir membuat proyek
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Renita Renita Renita Fitria Damayanti |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:20 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14409 |
Actions (login required)
View Item |