Pembelajaran Tematik Muatan IPS Kelas IV dengan Model Problem Based Learning di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2021/2022

Karomah, Hamisa (2022) Pembelajaran Tematik Muatan IPS Kelas IV dengan Model Problem Based Learning di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Bali Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Hamisa Karomah watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Tematik yaitu mata pelajaran yang terdiri dari beberapa mata pelajaran. Diantaranya yaitu muatan IPS, sebagaimana diketahui bahwa mata pelajaran IPS beguna untuk menumbuhkan pengetahuan, sikap sosial, dan berfikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang berguna untuk menumbuhkan sikap sosial yaitu model Problem Based Learning. Penggunaan model ini bertujuan agar peserta didik dapat berfikir secara kritis.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan penggunaan model Problem Based Learning materi IPS Kelas IVD MIN 3 Jembrana ?, 2) Bagaimana dampak Positif dan Negatif penggunaan model Problem Based Learning dengan materi IPS Kelas IVD MIN 3 Jembrana ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data lapangan interaktif model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan meliputi a) Perencanaan Pembelajaran Meliputi: (1) Guru bersama Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan tim guru kelas IV membuat RPP dan Silabus setiap awal semester yang didalamnya memuat model Problem Based Learning dengan media Smart Spinner, (2) Guru menggunakan tahapan model Problem Based Learning pada mapel Tematik muatan IPS, (3) Guru menyiapkan materi pembelajaran, model pembelajaran, serta media pembelajaran, (4) Guru menyiapkan media pembelajaran berupa Smart Spinner pada materi tematik tema 9 subtema 1. b) Pelaksanaan Pembelajaran yaitu : (1) Mengorientasi siswa pada masalah, (2) Mengorganisasi siswa untuk belajar, (3) Membimbing penyeledikan individu maupun kelompok,(4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. c)Evaluasi Pembelajaran meliputi : (1)Penilaian sikap yaitu sikap spiritual dan sosial, (2)Penilaian Pengetahuan dinilai dari soal (tes lisan /laporan), dan (3) Penliaian keterampilan yaitu proses pemecahan suatu masalah. 2) Dampak pembelajaran tematik model Problem Based Learning dengan Media Smart Spinner berdampak positif maupun negative : a) Dampak Positif dapat menghidupkan suasana kelas karena peserta diidk merasa tidak bosan terhadap pembelajaran yang disampaikan, b) Dampak Negative yaitu peserta didik lebih banyak bermain sehingga peserta didik tidak terlalu memperhatikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hamisa Karomah
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:02
Last Modified: 03 Nov 2022 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14439

Actions (login required)

View Item View Item