Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotus Salam Tanjung Rejo Wuluhan Tahun 2018/2019.

Mas’adah, Nur Laili (2019) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotus Salam Tanjung Rejo Wuluhan Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Nur Laili Mas’adah_084158023.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Raudlotus Salam Tajung Rejo Wuluhan adalah sekolah formal yang di dalamnya mengadakan kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an. Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an merupakan kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran dan menjadi program unggulan di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotus salam. Hal ini menjadi penting diteliti karena Tahfidzul Qur’an Merupakan kegiatan yang termasuk menjaga/memelihara Al-Qur’an Agar tetap utuh keasliannya. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidzul qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatus Salam Tanjung Rejo Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatus Salam Tanjung Rejo Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlotus Salam Tanjung Rejo Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlotus Salam Tanjung Rejo Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlotus Salam Tanjung Rejo Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlotus Salam Tanjung Rejo Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis field research. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tak berstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dengan dengan tek nik analisis Miles dan Huberman. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan implementasi kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an dengan menyusun target hafalan, menentukan metode, pengaturan siswa, menentukan alokasi waktu. 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an dengan melaksankan pengaturan kelas, melaksanakan metode setoran, baca simak, mengulang/takrir, klasikal, melaksanakan murojaah di pagi hari sebelum melaksanakan sholat dhuha. 3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an adalah harian atau setiap hari dan di akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:49
Last Modified: 03 Nov 2022 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14474

Actions (login required)

View Item View Item