PERAN PENYULUH AGAMA DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN KELUARGA SAKINAH TERHADAP MANTAN PEKERJA SEKS KOMERSIL DI KAMPUNG ANGGUR KECAMATAN SUMBERSUKO KABUPATEN LUMAJANG

Lutvia, Fika (2022) PERAN PENYULUH AGAMA DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN KELUARGA SAKINAH TERHADAP MANTAN PEKERJA SEKS KOMERSIL DI KAMPUNG ANGGUR KECAMATAN SUMBERSUKO KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN Kh. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI-FIKA-BKI-REVISI-FIXx-SLS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-FIKA-BKI-revsi-sdh.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fika Lutvia, 2022: “Peran Penyuluh Agama dalam memberikan Bimbingan Keluarga Sakinah terhadap mantan Pekerja Seks Komersil (PSK) di Kampung Anggur Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang.”
Kata Kunci: Penyuluh Agama, Keluarga Sakinah, Mantan Pekerja Seks Komersil
Penyuluh agama merupakan seorang yang memiliki tujuan memberikan pencerahan sebagai penerang bagi masyarakat yang berperan sebagai edukatif, informatif, advokasi kepada masyarakat di Kampung Anggur kecamatan Sumbersuko. Sebuah keluarga yang sakinah di bangun oleh mereka yang melatarbelakangi kehidupan baik-baik atau selalu taat terhadap perintah agama. Penting bagi orang yang sudah berkeluarga untuk memahami keluarga sakinah, agar ketika sudah menikah seseorang lebih mudah mengambil sikap dalam berbagai kondisi atau situasi yang terjadi dalam permasalahan rumah tangga. Pada sisi lain kehidupan para mantan pekerja seks komersil ingin hidup normal dan membangun keluarga yang bahagia. Untuk itu peran penyuluh agama di masyarakat terutama di kampung anggur sangat di butuhkan.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran penyuluh agama islam dalam memberikan bimbingan keluarga sakinah terhadap mantan pekerja seks komersil di kampung anggur? 2) apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan bimbingan keluarga sakinah terhadap mantan pekerja seks komersil di kampung anggur? 3) bagaimana hasil bimbingan keluarga sakinah terhadap mantan pekerja seks komersil di kampung anggur?
Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) untuk mengetahui peran penyuluh agama dalam memberikan bimbingan keluarga sakinah terhadap mantan pekerja seks komersil 2) untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan bimbingan keluarga sakinah terhadap mantan pekerja seks komersil di kampung anggur 3) untuk mengetahui hasil bimbingan keluarga sakinah terhadap para pekerja seks komersil di kampung anggur
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Tekhnik pengumpulan data yang di gunakan yakni dengan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah analisis kualitatif dengan metode deskriptif . penguji menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu 1) peran pnyuluh agama KUA Sumbersuko berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya, yakni sebgai informatif atau edukatif, konsultif dan advokasi maksut dari peran tersebut bhawa penyuluh sebagai pemberi imformasi, serta mampu memecahkan persoalan, dan mampu melakukan pembelaan terhadap masyarakat dari berbagai ancaman. 2) faktor pendukung dalam memberikan bimbingan keluarga sakinah tentunya karena amal ma’ruf nahi mungkar, dan karena semangat dari masyarakat dan anggota majlis taklim, serta dukungan dari seluruh lintas sektoral yang ada di Kecamatan Sumbersuko. Untuk faktor penghambatnya yaitu ketika penyuluh sedang ada kegiatan yang bersamaan dan ketika penyuluh sedang sakit. 3) hasil dari bimbingan keluarga sakinah di kampung anggur, masyarakat dan tentunya mantan pekerja seks komersil mengalami perubahan baik dalam dirinya maupun dalam lingkungan keluarga dan masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: fika Fika Lutvia
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:54
Last Modified: 08 Nov 2022 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14497

Actions (login required)

View Item View Item