Pengembangan E-LKPD Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Imun Di Kelas XI IPA SMA Negeri Umbulsari Jember

Adawiyah, Robi'ah Al (2022) Pengembangan E-LKPD Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Imun Di Kelas XI IPA SMA Negeri Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Robi'ah Al Adawiyah_T20188052..pdf

Download (15MB)

Abstract

Kata kunci: E-LKPD, Problem based learning (PBL), Motivasi Belajar.
Penggunaan Teknologi tidak akan lepas dari setiap aspek kehidupan manusia, terutama di tengah pembelajaran tatap muka terbatas yang diterapkan saat era new normal pasca pandemi covid19. Berdasarkan wawancara dengan Ibu Gigik Margianah selaku guru Biologi di SMA Negeri Umbulsari Jember terdapat beberapa hambatan dalam sistem tatap muka terbatas yaitu kurangnya motivasi belajar siswa, media yang digunakan hanya LKS dan PPT dan sekolah memiliki fasilitas yang kurang memadai dalam pembelajaran. Dari hasil analisis kebutuhan media di kelas XI IPA didapatkan 100% siswa menyatakan bahwa media pembelajaran yang berisi video dan gambar akan memotivasi siswa dalam belajar, 97,2% siswa menyatakan setuju apabila pengembang menyusun E-LKPD berbasis problem based learning (PBL) sebagai variasi media pembelajaran untuk menyampaikan materi biologi. Model pembelajaran problem based learning (PBL) dipilih pengembang untuk menyusun E-LKPD karena model ini dapat membangun antusias belajar siswa karena berhubungan erat dengan konteks masalah dunia nyata seperti masalah covid19 dengan materi sistem imun..
Tujuan dari penelitian ini yaitu ialah: 1) Mengetahui validitas E-LKPD biologi berbasis problem based learning (PBL) pada materi sistem imun untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri Umbulsari Jember, 2) Mengetahui respon siswa terhadap kelayakan E-LKPD biologi berbasis problem based learning (PBL)pada materi sistem imun untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri Umbulsari Jember,3) Mengetahui motivasi belajar siswa setelah penggunaan E-LKPD Biologi berbasis problem based learning (PBL)pada materi sistem imun kelas XI IPA di SMA Negeri Umbulsari Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) , objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri Umbulsari Jember. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan Dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan validasi media diperoleh rata-rata sebesar 96% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli materi dengan skor sebesar 87,89% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli bahasa dengan skor sebesar 88% dengan kriteria sangat valid, dan hasil validasi ahli praktikalitas mendapat rata-rata skor sebesar 87% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji respon siswa mendapatkan skor rata-rata sebesar 77% dengan kriteria baik. Hasil skor angket motivasi belajar sebelum pengaplikasian produk mendapatkan rata-rata skor sebesar 65,69% dengan kriteria cukup dan pada angket setelah pengaplikasian produk didapatkan skor 84,3 % dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-LKPD Biologi berbasis problem based learning (PBL) telah berhasil mengembangkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060104 Cell Metabolism
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060112 Structural Biology (incl. Macromolecular Modelling)
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060501 Bacteriology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Robik obi Al Adawiyah
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:41
Last Modified: 09 Nov 2022 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14498

Actions (login required)

View Item View Item