Implementasi Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kunuuzul Imam Kaumam Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019.

ZAHRO, FATIMATUS (2019) Implementasi Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kunuuzul Imam Kaumam Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
FATIMATUS ZAHRO_084141050.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya proses pembelajaran pendidikan agama islam yang kurang kondusif. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi sosial. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk prosese internalisasi nilai-nilai siswa adalah Model pembelajaran Jurisprudential Inquiry, yang mana di dalam model ini belajar sebagai upaya memperbaiki masyarakat dengan memperbaiki hubunganhubungan interpersonal melalui prosedur demokratis. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi model pembelajaran Jurisprudensial Inqiury pada aspek Akidah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019, 2) Bagaimana Implementasi model pembelajaran Jurisprudensial Inqiury pada aspek ibadah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019, 3) Bagaimana Implementasi model pembelajaran Jurisprudensial Inqiury pada aspek Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan Implementasi model pembelajaran Jurisprudensial Inqiury pada aspek Akidah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019, 2) Mendeskripsikan Implementasi model pembelajaran Jurisprudensial Inqiury pada aspek ibadah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019, 3) Mendeskripsikan Implementasi model pembelajaran Jurisprudensial Inqiury pada aspek Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif , jenis penelitiannya adalah field research.. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan Triangulasi Teknik.. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Implementasi model pembelajaran Jurisprudential Inquiry untuk menanamkan niai akidah di SMP Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu orientasi kasus, melakukan identifikasi kasus, Kemudian P enetapan Posisi/Pendapat, Menyelidiki cara Berpendirian Pola Argumentasi, (Memperbaiki dan Mengkualifikasi Posisi), guru mendiskusikan argumentasi yang digunakan untuk mmendukukung pernyataan tersebut sesuai apa tidak, 2) Implementasi model pembelajaran Jurisprudential Inquiry untuk menanamkan nilai ibadah di SMP Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu orientasi kasus ( memberikan video tentang adab sholat), Identifikasi kasus, penetapan posisi/pendapat terkait tayang video bab sholat, menyelidiki cara berpendirian ploa argumentsi, memperbaiki dan mengkualifikasi pola posisi, selanjutnya diskusi bersama, , 3) Implementasi model pembelajaran Jurisprudential Inquiry untuk menanamkan nilai akhlak di SMP Kunuuzul Imam Kauman Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019 dilakukan dengan menayangkan video tentang materi perilaku terpuji, melakukan identifikasi kasus, guru meminta siswa untuk menyatakan posisi atau pendapatnya terkait tentang materi pembelajaran bab akhlak terpuji, menyelidiki cara Berpendirian Pola Argumentasi, memperbaiki dan mengkualifikasi pola posisi, melakukan diskusi tentang argumentasi para peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:17
Last Modified: 07 Nov 2022 02:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14527

Actions (login required)

View Item View Item