ULFA, AINUN (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
AINUN ULFA_084 121 387.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Fenomena saat ini, banyak ditemukan pemandangan antara pelajar yang terlibat tawuran, narkoba dan sebagainya. Keadaaan demikian inilah yang menggugah kesadaran para pendidik untuk mengembangkan pendidikan karakter secara lebih dalam dan lebih baik, salah satunya adalah dengan pendidikan di pesantren. Untuk mengantisipasi moral atau akhlak santri secara umum, khususnya para pencari ilmu, diberikan pembelajaran kitab Alaalaa. Kitab Alaalaa itu sendiri adalah kitab yang dikarang oleh Muhammad Abu Basyir Al- Dimawi. Kitab ini berisi tentang syair-syair atau nadhom yang telah tercantum dalam kitab ta’lim muta’allimin, keseluruhan baitnya ada 36 bait syair. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana materi pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2019?, (2) Bagaimana metode pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2019?, (3) Bagaimana media pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2019? dan (4) Bagaimana evaluasi pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2019? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan materi pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2019, (2) Mendeskripsikan metode pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf, (3) Mendeskripsikan media pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf dan (4) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut : a) Observasi, b) Interview dan c) Dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif reflektifnya terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan / verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa (1) Materi pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf Ajung, Jember tahun 2019 terkait dengan syarat-syarat mencari ilmu, mencari teman, keutamaan ilmu, metode mencari ilmu dan lain-lain., (2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran Kitab Alaalaa tidak hanya menggunakan satu metode, melainkan menggunakan beberapa kombinasi metode, (3) Media yang digunakan cenderung menggunakan media tradisional, dan (4) Media yang digunakan dalam pembelajaran Kitab Alaalaa di Pondok Pesantren Ihyaa’us Salaf Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2019 menggunakan media tradisional misalnya papan tulis, spidol dan kitab Alaalaa serta buku catatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 02:16 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 02:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14528 |
Actions (login required)
View Item |